Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Manfaat Awali Pagi dengan Makan Kacang

Selasa 21 Sep 2021 19:08 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Manfaat mengawali pagi dengan makan kacang (ilustrasi).

Manfaat mengawali pagi dengan makan kacang (ilustrasi).

Foto: Pxhere
Anda perlu memulai hari mereka dengan makanan yang lebih ringan namun padat gizi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penting untuk memulai hari dengan asupan yang sehat dan memberikan energi. Tidak ada yang lebih baik dibandingkan sumber makanan kaya serat dan antioksidan pada pagi hari. 

Ahli gizi, Lovneet Batra, baru-baru ini menyarankan bagaimana seseorang dapat memulai hari dengan asupan pilihan. Menurut dia, waktu pagi biasanya adalah penentu yang dapat membahagiakan atau justru menghancurkan hari seseorang.

Bagaimana pagi seseorang cenderung akan mempengaruhi sisa hari itu. Dia menyarankan untuk memilih kacang dengan buah-buahan.

“Karenanya, penting untuk memulai pagi dengan segar, bahagia dan sehat untuk menjalani hari yang baik. Jadi untuk memulai pagi, saya lebih suka makan kacang karena dapat meningkatkan energi tubuh dan memungkinkan berfungsi dengan cara yang benar untuk sisa hari itu,” kata Batra, dilansir di Indian Express, Selasa (21/9).

Sederhananya, alih-alih memilih makanan berat, seseorang perlu memulai hari mereka dengan makanan yang lebih ringan namun padat gizi. Berikut kacang yang bisa dipilih untuk dinikmati sehari-hari:

1. Kacang almon yang direndam

Almon, jika dikonsumsi pada pagi hari, dapat meningkatkan daya ingat, memperbaiki pencernaan, mengurangi kolesterol karena kaya akan protein, vitamin E, dan magnesium. Selain itu, almon yang direndam lebih baik karena kulitnya mengandung tanin yang menghambat penyerapan nutrisi.

2. Kacang kenari yang direndam

Walnut, raja dari semua kacang, kaya akan antioksidan, protein, dan lemak sehat. Mereka disebut-sebut sebagai "makanan otak" karena membantu meningkatkan fungsi otak. 

Selanjutnya, kenari adalah sumber kalsium, kalium, besi, tembaga, dan seng yang baik. Mengonsumsi kenari yang direndam dapat bermandaat meningkatkan metabolisme, mengontrol kadar gula darah dan membantu menurunkan berat badan.

“Awali pagi Anda dengan kacang-kacangan dan hadapi hari Anda dengan kekuatan dan energi”, ujar Batra.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA