Tuesday, 1 Rabiul Awwal 1444 / 27 September 2022

DKI Gelar Formula E, Giring: Anies Bermewah-mewahan

Selasa 21 Sep 2021 19:07 WIB

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Erik Purnama Putra

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha (tengah) berfoto dengan Iwan Bopeng, pendukung Ahok yang ingin memotong tentara.

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha (tengah) berfoto dengan Iwan Bopeng, pendukung Ahok yang ingin memotong tentara.

Foto: Istimewa
Plt Ketum PSI hanya mengkritik Formula E di DKI, tidak balapan di Sirkuit Mandalika.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha melontarkan kritik terkait rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menggelar Formula E. Balapan Formula E direncanakan digelar di Monas, Jakarta Pusat pada 2022.

Menurut Giring, penyelenggaraan Formula E adalah contoh paling lugas dan jelas dari kebohongan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan selama memimpin DKI. "Pada saat rakyat DKI kehilangan pekerjaan, ada anggota keluarga meninggal atau bahkan terkena Covid-19, uang pajak mereka justru dipakai untuk acara balapan Mobil Formula E," kata Giring di Jakarta, Selasa (21/9).

Menurut dia, hal itu juga menjadi bentuk pengkhianatan pemimpin terhadap rakyat yang kesusahan karena pandemi Covid-19. Utamanya, jika menyangkut janji-janji Anies pada masa Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI 2017.

"Bayangkan, warga DKI yang saat Pilkada lalu memilih pak Anies, tapi (Anies) malah memakai uang mereka untuk bermewah-mewahan gelar acara balap mobil," tutur vokalis band Nidji tersebut.

Sebaliknya, Giring menuding Anies, malah berpura-pura peduli di atas penderitaan rakyat. Kendati demikian, pihaknya meyakinkan jika PSI tidak ingin menjatuhkan Anies melalui hak interpelasi terkait Formula E. Sebaliknya, Giring menyebut, jika hal itu merupakan hak bertanya anggota dewan secara konstitusional.

"Saya percaya masih ada niat baik dari partai-partai lain di DPRD DKI Jakarta yang ingin mendukung hak interpelasi," kata Giring. Fraksi PDIP dan PSI DPRD DKI menginisiasi hak interpelasi kepada Gubernur DKI. Mereka baru mengumpulkan 33 anggota dewan, dan membutuhkan tambahan 21 anggota dewan agar usulan hak interpelasi bisa disetujui di tingkat rapat paripurna.

Selain Formula E, sebenarnya juga ada perhelatan balapan World Superbike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Balapan WSBK diadakan pada akhir 2021, dan MotoGP pada 2022. Hanya saja, Giring tidak menyinggung sama sekali balapan yang diadakan pemerintah pusat tersebut pada saat pandemi, dan hanya mengkritik Anies.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA