Selasa 21 Sep 2021 18:09 WIB

Mulai Dibuka, Wisata Kepulauan Riau Pakai PeduliLindungi

Wisatawan wajib memindai aplikasi PeduliLindungi sebelum masuk ke wilayah pariwisata.

Sejumlah wisatawan berada di kawasan wisata Pulau Mubud, Batam, Kepulauan Riau.
Foto: Antara/Teguh Prihatna
Sejumlah wisatawan berada di kawasan wisata Pulau Mubud, Batam, Kepulauan Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, BATAM -- Destinasi wisata pulau dan pantai di Provinsi Kepulauan Riau akan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Dengan begitu setiap pengunjung yang masuk harus memindai kode QR di gawai masing-masing sebagai upaya pengendalian penularan COVID-19.

"Sebagian besar pengelola di pulau sudah daftar untuk mendapatkan kode QR peduli lindungi, seperti Telunas, Mikoi, Pulau Bawah, sebagian besar Lagoi," kata Kepala Dinas Pariwisata Kepri Buralimar di Batam, Selasa (21/9).

Baca Juga

Dia mengatakan, aplikasi PeduliLindungi saat ini diutamakan untuk taman rekreasi, karena selama ini destinasi wisata itu masih ditutup. "Wisata alam selama ini ditutup, dengan aplikasi peduli lindungi, kita bertahap nanti dibuka," kata dia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meminta pelaku di Kepri mendaftarkan usaha pariwisata untuk mendapatkan kode QR aplikasi peduli lindungi, sebaga uji coba pembukaan taman kreasi. Dalam kesempatan itu, Buralimar mengajak pelaku usaha lain segera mendaftar untuk mendapatkan kode QR, sebagai satu persiapan pembukaan kembali wisata dalam dan luar negeri. Apalagi untuk kawasan yang memang disiapkan untuk koridor perjalan sehat "travel bubble" Indonesia-Singapura. 

Pengelola usaha pariwisata dan masyarakat juga diminta untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat, apabila taman kreasi dibuka kembali, agar terhindar dari paparan COVID-19.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement