Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Realisasi Vaksinasi Dosis Satu di Kota Tangerang 70 Persen

Selasa 21 Sep 2021 13:22 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Hiru Muhammad

Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama RS Sari Asih Cipondoh melakukan vaksinasi Covid 19 massal terhadap masyarakat umum.  Antusias masyarakat pun terlihat sangat tinggi.

Dinas Kesehatan Kota Tangerang bersama RS Sari Asih Cipondoh melakukan vaksinasi Covid 19 massal terhadap masyarakat umum. Antusias masyarakat pun terlihat sangat tinggi.

Foto: RS Sari Asih Cipondoh
Vaksinasi dosis dua terealisasi 619.065 jiwa atau 42 persen dari target yang sama

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG--Pemerintah Kota Tangerang menyampaikan, realisasi vaksinasi Covid-19 dosis satu di Kota Tangerang mencapai hingga lebih dari 70 persen. Hal itu seiring dengan terus digencarkannya kegiatan vaksinasi dengan menargetkan sebanyak puluhan ribu orang per harinya.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Tangerang, capaian vaksinasi dosis satu di Kota Tangerang sebanyak 1.084.203 jiwa, atau sekitar 73 persen dari target sekitar 1,5 juta jiwa. Adapun pada vaksinasi dosis dua telah terealisasi sebanyak 619.065 jiwa atau 42 persen dari target yang sama. Angka itu merupakan akumulasi dari awal pelaksanaan vaksinasi pada 24 Januari hingga 20 September 2021.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dini Anggraeni menuturkan, realisasi vaksinasi tersebut tercapai seiring dengan adanya program ‘Bulan Vaksinasi’ yang belakangan digencarkan terhadap masyarakat. Dalam pelaksanaannya, bahkan bisa mencapai 40 ribu jiwa per harinya yang divaksin.

“Capaian vaksinasi selama Bulan Vaksinasi Tangerang memang terus meningkat secara signifikan. Tercatat, pada Agustus peningkatan vaksinasi masih di angka 20 ribu hingga 25 ribu per hari. Sedangkan, pada September ini bisa 25 ribu hingga 30 ribu dosis per hari. Bahkan, beberapa hari tercatat sampai 40 ribu dosis per harinya,” ujar Dini dalam keterangannya, Selasa (21/9).

Dia menjelaskan, peningkatan capaian vaksinasi tersebut lantaran sentra vaksinasi disebar di tingkat RW, sehingga dapat menjangkau lebih banyak masyarakat. Selain itu, lanjutnya, vaksinasi Covid-19 juga terus digelar di sejumlah pusat keramaian.

Dini menuturkan, hingga saat ini stok vaksin di Kota Tangerang masih cukup banyak. Dan bakal segera disalurkan dan disuntikkan kepada masyarakat yang belum divaksin. “Sampai saat ini stok vaksinasi di Kota Tangerang jenis Pfizer masih sekitar 100 ribuan. Begitu juga dengan jenis Sinovac yang masih ada sekitar 100 ribuan dosis,” jelasnya.

Dengan digencarkannya kegiatan vaksinasi, Dini menyebut, target kekebalan kelompok atau herd immunity di Kota Tangerang akan segera tercapai. Dengan demikian, dia memastikan pihaknya akan mengebut pelaksanaan vaksinasi, terutama vaksinasi dosis dua yang masih di angka cukup rendah. “Insya Allah dalam waktu dekat, Kota Tangerang benar-benar bisa menginjak angka herd immunity yaitu 70 persen dengan dosis lengkap sesuai yang ditetapkan WHO,” tuturnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA