Rabu 22 Sep 2021 07:00 WIB

Dokter: Bau Kaki tak Sedap Pertanda Baik untuk Kesehatan

Bau kaki tak sedap kerap tercium dari kaki yang berkeringat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Bau kaki tak sedap kerap membuat orang terganggu.
Foto: Reuters
Bau kaki tak sedap kerap membuat orang terganggu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bau kaki tak sedap memang sangat mengganggu dan kerap membuat tidak percaya diri. Namun, seorang dokter dari NHS Inggris mengungkap bahwa aroma pada kaki sebenarnya menjadi pertanda baik bagi kesehatan tubuh.

Melalui akun TikToknya, Dr Karan Raj menjelaskan alasan bau tak sedap kerap tercium dari kaki yang berkeringat. Kepada 3,9 juta pengikutnya, Raj mengatakan bahwa permukaan kulit mungkin mengandung ribuan bakteri berbeda yang suka memakan berbagai hal yang keluar dari tubuh, seperti halnya minyak.

Baca Juga

Dari ribuan spesies bakteri ada yang disebut bacillus subtilis yang tugasnya memakan leusin, asam amino umum yang ditemukan pada keringat kaki. Ketika bakteri bacillus subtilis memakan leusin, maka ia akan mengeluarkan asam isoflavon yang memiliki bau tak sedap.

"Anda pasti akan bertanya-tanya kenapa bakteri harus makan leusin? Karena bakteri ini menghasilkan bahan kimia dan antibiotik yang menjauhkan jamur kaki. Jamur kaki bisa berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kuku," kata dia seperti dilansir The Sun, Selasa (21/9).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement