Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Hari Alzheimer Sedunia 2021 Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini

Selasa 21 Sep 2021 09:44 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Pengidap Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia.

Pengidap Alzheimer. Penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia.

Foto: Republika
Hari Alzheimer Sedunia diperingati tiap tanggal 21 September.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dunia memperingati Hari Alzheimer setiap tanggal 21 September untuk meningkatkan kepedulian dan melawan stigma tentang masalah demensia. Dikutip dari laman Alzint.org pada Selasa, Hari Alzheimer Sedunia adalah kampanye internasional untuk meningkatkan kesadaran dan menyoroti masalah yang dihadapi oleh orang-orang yang terkena demensia.

Ini adalah kesempatan bagi masyarakat dan organisasi untuk menunjukkan solusi agar dapat mengatasi masalah Alzheimer dan membantu orang dengan demensia hidup dengan baik. Perayaan World Alzheimer's Month 2021 mengusung tema "Kenali Alzheimer: Pentingnya Deteksi Dini".

Baca Juga

Kampanye tahun ini akan menyoroti tanda-tanda peringatan demensia, mendorong orang untuk mencari informasi, saran dan dukungan, serta pentingnya diagnosis tepat waktu. Dengan mencari informasi, saran dan dukungan, dan kemungkinan diagnosis, orang akan lebih mampu mempersiapkan, merencanakan dan beradaptasi.

Menurut laman Alzi.or.id, demensia merupakan istilah umum, menggambarkan gejala yang terjadi ketika otak dipengaruhi oleh penyakit atau kondisi tertentu. Ada berbagai jenis demensia, meskipun ada beberapa yang lebih umum daripada yang lain karena sering dinamai sesuai dengan kondisi yang telah menyebabkan demensia tersebut.

Sementara itu, penyakit Alzheimer adalah penyebab paling umum dari demensia. Selama sakit berlangsung, zat kimia dan struktur otak berubah sehingga menyebabkan kematian sel-sel otak.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA