Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

PLN Solo Perpanjang Promo Diskon Tambah Daya

Selasa 21 Sep 2021 05:57 WIB

Rep: Binti Sholikah / Red: Nashih Nashrullah

Antusiasme masyarakat Solo untuk tambah daya listrik sangat besar. Ilustrasi tambah daya listrik

Antusiasme masyarakat Solo untuk tambah daya listrik sangat besar. Ilustrasi tambah daya listrik

Foto: Republika/Yasin Habibi
Antusiasme masyarakat Solo untuk tambah daya listrik sangat besar

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO— PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta memperpanjang promo diskon tambah daya listrik dalam "Layanan Super Merdeka Listrik".

Program yang menawarkan diskon tambah daya kepada para pelanggannya itu diluncurkan untuk menyambut Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Baca Juga

Semula, program itu dijadwalkan berakhir pada 31 Agustus lalu. Namun, antusiasme masyarakat yang sangat besar membuat PLN memilih untuk memperpanjang promo itu.

"Kami perpanjang hingga 30 September memdatang," kata Manajer PLN UP3 Solo, Joko Hadi Widayat, seperti tertulis dalam siaran pers, akhir pekan lalu.

Program tersebut ditawarkan bagi para konsumen tegangan rendah 1 phasa daya 450 VA dan 900 VA. Mereka mendapatkan kesempatan untuk tambah daya menjadi 900 VA hingga 5.500 VA. Biaya tambah daya sangat terjangkau, hanya Rp 202 ribu tiap pelanggan. 

Melalui program Super Merdeka Listrik tersebut pelanggan memiliki kemerdekaan dalam memilih layanan terbaik dari PLN sesuai kebutuhan.

Selain sebagai bagian dari peringatan Hari Kemerdekaan, program ini diluncurkan untuk mendukung masyarakat yang melakukan work from home (WFH) selama PPKM. Program itu diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik pelanggan untuk tetap produktif.

"Banyak masyarakat yang bekerja dari rumah sehingga kebutuhan listrik meningkat," imbuh Joko.

Selain untuk pelanggan residensial, PLN juga meyakini program ini akan menguntungkan bagi usaha mikro dan kecil yang saat ini masih menggunakan tegangan rendah 1 phasa 450 VA hingga 900 VA.

"Mereka bisa meningkatkan produktivitasnya sehingga bisa semakin berkembang," ucap Joko.

Menurutnya, konsumen juga tidak perlu khawatir biaya penggunaan listrik bakal membengkak. Sebab, tarif listrik untuk konsumen dengan daya 900 VA sebenarnya tidak berbeda jauh dengan dengan daya 5.500 VA.

"Tarif listrik untuk konsumen 900 VA nonsubsidi adalah Rp 1.352/kWh. Sedangkan tarif untuk konsumen 1.300 VA hingga 5.500 berlaku sama, yaitu Rp 1.444,70 per kWH. Dengan daya yang lebih besar, konsumen memiliki kemerdekaan untuk memilih peralatan listrik yang akan digunakan," terangnya. 

Joko menyatakan, prosedur untuk mengajukan permohonan tambah daya sangat mudah. Pelanggan tinggal mengajukannya melalui aplikasi PLN Mobile di ponsel. Aplikasi itu bisa diunduh melalui PlayStore maupun AppStore. 

"Pengajuan hanya dilayani melalui aplikasi saja, sehingga konsumen tidak perlu keluar rumah," ujar dia. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA