Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Amnesty Indonesia Sesalkan Pelemparan Bahan Peledak di LBH

Senin 20 Sep 2021 23:22 WIB

Red: Christiyaningsih

Peristiwa ini teror bagi para pekerja bantuan hukum LBH Yogya dan seluruh Indonesia.

Peristiwa ini teror bagi para pekerja bantuan hukum LBH Yogya dan seluruh Indonesia.

Peristiwa ini teror bagi para pekerja bantuan hukum LBH Yogya dan seluruh Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Amnesty International Indonesia menyesalkan kasus pelemparan bahan peledak ke kantor Lembaga Bantuan Hukum Yogyakarta pada Sabtu dini hari. Akibat peristiwa tersebut kantor LBH Yogyakarta mengalami kerusakan pada beberapa bagian depan dan dalam kantor.

“Jelas peristiwa ini sebagai teror bagi para pekerja bantuan hukum LBH Yogya, bagi pekerja bantuan hukum seluruh Indonesia, dan bagi pembela hak asasi manusia," kata Usman Hamid, direktur eksekutif Amnesty Internasional Indonesia, Minggu.

Baca Juga

Dalam keterangan tertulis, Amnesty mengatakan LBH Yogya selama ini sangat intensif melakukan pendampingan hukum kepada warga masyarakat yang hak-haknya terampas atau terancam hilang, dari kasus Desa Wadas, Malioboro, sampai Cilacap.

LBH Yogyakarta mengadvokasi penolakan warga Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terhadap rencana penambangan batu andesit di desa tersebut. Selain itu, LBH Yogyakarta sedang mengadvokasi warga di Kabupaten Cilacap, Jateng, yang terkena dampak pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

LBH Yogyakarta bersama sejumlah elemen masyarakat sipil di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga sedang melakukan advokasi untuk menolak Peraturan Gubernur DIY Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pengendalian Pelaksanaan Penyampaian Pendapat di Muka Umum pada Ruang Terbuka. Pergub tersebut melarang demonstrasi di sejumlah wilayah, termasuk kawasan wisata Malioboro, Yogyakarta.

“Kami mendesak pemerintah dan jajaran kepolisian untuk segera mencari dan menemukan pelakunya untuk kemudian dituntut ke meja hijau. Teror ini seperti ini tidak boleh terjadi dalam masyarakat yang demokratis.”

“Kami mengapresiasi langkah cepat LBH Yogya yang telah melaporkan peristiwa tersebut kepada kepolisian setempat. Sejumlah petugas kepolisian juga telah mendatangi lokasi untuk melakukan penyelidikan,” tambah Usman.

Catatan Anadolu, peristiwa ini terjadi saat dunia masih merayakan Hari Demokrasi Internasional, yang diperingati setiap 15 September setiap tahun.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/amnesty-indonesia-sesalkan-pelemparan-bahan-peledak-di-kantor-lbh-yogyakarta/2368660
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA