Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Thursday, 27 Rabiul Akhir 1443 / 02 December 2021

Robert Jawab Sindiran Soal 4 Pemain Naturalisasi di Persib

Senin 20 Sep 2021 21:31 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts dalam wawancara virtual, Senin (209).

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts dalam wawancara virtual, Senin (209).

Foto: Republika/Hartifiany Praisra
Selain empat pemain asing, ada empat pemain naturalisasi yang membela Persib.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persib Bandung tampil dengan skuad mentereng untuk menghadapi Liga 1 2021/2022. Persib pun menjadi salah satu tim yang memiliki skuad lengkap dengan memenuhi kuota pemain asing.

Namun dari banyak tim, Persib memiliki jumlah pemain 'asing' terbanyak. Selain empat pemain asing, ada empat pemain naturalisasi yang membela Persib.

Mereka adalah Victor Igbonefo, Esteban Vizcarra, Ezra Walian, dan Marc Klok. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts, pun menjawab sindiran banyaknya pemain asing dalam timnya.

"Saya rasa ada dua kategori di pemain naturalisasi itu. Ada Victor yang sudah lama sekali bermain di Indonesia dan sudah lama mendapatkan paspor Indonesia," kata Robert dalam wawancara daring, Senin (20/9).

Lamanya Victor bermain di Indonesia diklaim Robert membuat gaya bermainnya bisa dikatakan seperti pemain Indonesia. Hal tersebut pun berlaku bagi pemain kelahiran Argentina, Esteban Vizcarra.

Namun Robert mengakui Ezra dan Klok sebagai pemain asing karena baru mendapatkan paspor Indonesianya. Untuk itu, Robert menerima sindiran soal delapan pemain asing di Persib.

"Jadi iya, mereka (Klok dan Ezra) bisa dikatakan sebagai pemain asing, tapi kami memasukkan mereka berdasarkan regulasi," kata Robert.

Robert menilai timnya sudah memenuhi regulasi soal tim. Dengan menyertakan empat pemain asing dalam tim. Apalagi, tidak ada regulasi soal berapa jumlah pemain naturalisasi dalam tim.

"Artinya mereka (empat pemain naturalisasi) adalah pemain Indonesia yang sah karena didaftarkan sebagai pemain lokal. Tapi bisa dikatakan mereka pemain asing, tapi tidak dalam prinsipnya," jelas Robert.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA