Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Selma Blair dalam Masa Remisi Multiple Sclerosis

Senin 20 Sep 2021 15:20 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda

Selma Blair tampak memakai tongkat saat menghadiri Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat, Senin (25/2/2019). Dia didiagnosis multiple sclerosis pada 2018.

Selma Blair tampak memakai tongkat saat menghadiri Oscar di Dolby Theatre, Los Angeles, Kalifornia, Amerika Serikat, Senin (25/2/2019). Dia didiagnosis multiple sclerosis pada 2018.

Foto: AP
Selma Blair didiagnosis dengan multiple sclerosis pada 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aktris Hollywood Selma Blair mengungkap potensi kembali berakting jika kesempatan bagus datang kepadanya. Blair mengaku sejak Agustus sudah bisa kembali beraktivitas setelah mengalami "remisi" dari multiple sclerosis.

"Ya, jika ada yang pas saja, saya tidak akan memaksakan diri. Saya bukan seseorang yang diganggu oleh ambisi," kata Blair dalam wawancara baru-baru ini dengan Variety, dilansir Fox News, Senin (20/9).

Baca Juga

Blair mengalami remisi multiple sclerosis berkat prognosisnya yang bagus. Dia telah menjalani serangkaian pengobatan, termasuk transplantasi sel punca hematopoietik alias transplantasi sumsum tulang belakang.

Butuh waktu sekitar satu tahun setelah transplantasi sel punca untuk mengatasi peradangan dan lesi. Blair mengaku enggan membicarakannya karena ia fokus pada kesembuhan.

Meski begitu, Blair menyebut tidak ada lesi baru yang terbentuk.

Penyakit sklerosis ganda atau multiple sclerosis terjadi akibat sistem kekebalan tubuh menyerang lapisan pelindung saraf otak, mata, dan tulang belakang.

Kerusakan itu kemudian mengganggu komunikasi antara otak dan tubuh. Pengidapnya bisa mengalami gangguan penglihatan, nyeri, hingga gangguan koordinasi.

"Secara kognitif, saya sangat berubah dan itu adalah bagian yang paling sulit," kata aktris yang pertama kali didiagnosis menderita multiple sclerosis pada 2018.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA