Senin 20 Sep 2021 14:57 WIB

Arsitektur Cerdas yang Sokong Kesembuhan

Bangunan Maggie's Center mengusung konsep tempat yang menenangkan untuk berobat.

Salah satu sudut di Maggies Center.
Foto: dw
Salah satu sudut di Maggies Center.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bangunan bisa dibuat dengan tujuan mendorong kesembuhan dan kesehatan mental penderita dan keluarga penderita kanker. Itulah tujuan konsep Maggie's Center.

Maggie's Center adalah lokasi, di mana penderita kanker dan keluarga mereka mendapat dukungan, baik dari segi pengobatan, maupun kejiwaan. Misalnya, bangunn yang berlokasi di kota Leeds, Inggris. 

Baca Juga

Gedung itu adalah bagian dari sebuah kompleks rumah sakit, tetapi tampak sangat berbeda dari gedung-gedung lainnya. Arsitektur dan dekorasi interrior dengan garis-garis melengkung diciptakan untuk memberikan perasaan tenang bagi pasien dan pengunjung.

Tempat yang berikan ketenangan

Kepala Maggie’s Center di Leeds, Amanda Procter mengungkap, jika orang datang ke tempat yang cantik itu, mereka merasa aman dan tenang. Jauh dari area klinis sebuah rumah sakit.

“Seorang pengunjung pernah mengatakan, rasanya seperti selimut berbulu hangat yang melindungi orang,” tutur Amanda Procter.

Di bagian dalam ruang-ruangnya yang mendominasi adalah bahan-bahan alamiah dan cahaya yang hangat. Pojok-pojok dan area untuk duduk mengundang orang untuk mengobrol dengan tenang.

Kayu pohon cemara yang digunakan untuk interior berasal dari hutan yang dijaga kelestariannya. Dinding-dinding dibuat dari bahan berpori seperti batu kapur, dan membuat pertukaran udara bisa berjalan lancar.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement