Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Tiang Listrik di Badan Jalan Belum Selesai Direlokasi

Senin 20 Sep 2021 13:28 WIB

Rep: Eva Rianti/ Red: Hiru Muhammad

Tampak tiang listrik yang berada di jalan WR Supratman Ciputat Timur, Tangsel

Tampak tiang listrik yang berada di jalan WR Supratman Ciputat Timur, Tangsel

Foto: istimewa
Pemkot Tangsel telah mematok target relokasi selesai 20 September

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG SELATAN--Tiang-tiang listrik yang memakan badan jalan di Jalan WR Supratman, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum selesai direlokasi. Padahal Pemerintah Kota Tangsel menargetkan relokasi setidaknya dapat selesai hingga hari ini, Senin, 20 September 2021. 

Pantauan Republika di lokasi pada Senin (20/9) siang, notabene tiang-tiang listrik masih berdiri di badan jalan. Sejumlah kendaraan yang melintas tampak cekatan menghindari tiang-tiang tersebut agar tidak menabrak. 

Sementara kabel-kabel terlihat bergelambir tak beraturan di sepanjang jalan. Bahkan menjuntai ke aspal dan trotoar, sehingga sesekali mengganggu pejalan kaki yang hendak lewat. Di banyak titik terdapat stiker bertuliskan ‘bukan milik Telkom’ melingkar di tubuh tiang serta kabel-kabel yang bergumpalan. 

Meski demikian, di lokasi juga tampak kegiatan sekelompok orang yang memindahkan tiang-tiang serta kabel-kabel tersebut. Puluhan orang yang menyebar di beberapa titik di sepanjang Jalan WR Supratman tengah sibuk menggali tanah dari tiang yang memakan badan jalan untuk direlokasi ke pinggir jalan, sekaligus membenarkan kabel-kabel yang terlampau berantakan.

Seorang pekerja, Utar mengatakan, dirinya bersama tim berjumlah delapan orang yang dipekerjakan oleh salah satu perusahaan yang bergerak di telekomunikasi atau provider melakukan pekerjaan relokasi tiang sejak 13 September 2021. Namun, hingga jangka waktu deadline-nya pada 19 September 2021 belum juga terselesaikan karena tiang yang harus direlokasi terbilang banyak.

“Banyak sih soalnya tiangnya ada 60 tiang yang harus kami pindahkan ke ujung jalan. Tiangnya juga berat, dan banyak kabel-kabel yang bisa nyetrum. Tapi kami tinggal 50 persen lagi, sudah 30 tiang yang dipindahkan,” tuturnya kepada Republika, Senin (20/9).

Dia menyebut, tiang-tiang itu diupayakan agar dapat dipindahkan ke ujung jalan, namun jika tidak memungkinkan akan dibawa ke gudang provider terkait. Menurutnya, pengerjaan relokasi tersebut bakal selesai dalam tiga hari ke depan.

“Paling tiga hari ke depan (Kamis, 23 September) kelar kalau buat mindahin doang, langsung dicor juga sih. Kalau tiang bisa dipasang ya dipasang, kalau enggak bisa dibawa ke gudang providernya,” tuturnya. 

Sebelumnya diketahui, Pemkot Tangsel mengatakan, tiang-tiang listrik yang memakan badan jalan di jalan WR Supratman, Ciputat Timur bakal dipindahkan setidaknya hingga 20 September 2021. Pemindahan itu dilakukan oleh pihak provider yang memasang tiang-tiang di ruas jalan tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Budi Rachmat Hidayat menuturkan, pihak provider telah bersepakat mengikuti permintaan Pemkot Tangsel untuk memindahkan tiang-tiang tersebut dengan tenggat waktu yang disepakati. “Jika tidak merelokasi sesuai kesepakatan tersebut, maka Pemkot akan memotong  tiang yang berada di badan jalan,” kata Budi, akhir Agustus 2021 lalu. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA