Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Tips Aman Menghadiri Acara Wedding di Masa Pandemi

Selasa 21 Sep 2021 06:26 WIB

Red: Gita Amanda

Sejumlah tamu undangan menyambut pasangan pengantin saat simulasi penyelenggaraan kegiatan pernikahan di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (6/7/2020). Kegiatan simulasi yang diselenggarakan Bali Wedding Association tersebut dilakukan sebagai upaya sosialisasi dan pedoman penyelenggaraan kegiatan pernikahan yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat selama masa normal baru.

Sejumlah tamu undangan menyambut pasangan pengantin saat simulasi penyelenggaraan kegiatan pernikahan di kawasan Nusa Dua, Badung, Bali, Senin (6/7/2020). Kegiatan simulasi yang diselenggarakan Bali Wedding Association tersebut dilakukan sebagai upaya sosialisasi dan pedoman penyelenggaraan kegiatan pernikahan yang menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 secara ketat selama masa normal baru.

Foto: ANTARA/FIKRI YUSUF
Tak ada salahnya menyiapkan kendaraan yang aman dan nyaman untuk hadir ke pernikahan

REPUBLIKA.CO.ID, Acara pernikahan senantiasa menjadi momen berkesan dan membahagiakan. Akan tetapi, di masa pandemi saat ini, tentunya ada sejumlah penyesuaian. Misalnya, jumlah tamu undangan. Meski demikian, selama mengikuti aturan dan mematuhi protokol kesehatan, acara wedding di masa pandemi tetap bisa dilaksanakan.

Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah resepsi pernikahan di tengah pandemi Covid-19. Tak hanya dari sisi penyelenggara, untuk Anda yang ingin menghadiri pernikahan juga harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya kendaraan yang akan Anda gunakan.

Berikut ini sejumlah tips aman yang bisa Anda lakukan sebelum menghadiri acara wedding:

1. Bawa hand sanitizer

Tips pertama yang tidak boleh dilewatkan adalah selalu membawa hand sanitizer ke manapun berada. Terkadang, Anda akan kesulitan untuk menemukan tempat cuci tangan saat menghadiri wedding di masa pandemi. Dengan membawa hand sanitizer, Anda bisa langsung membersihkan tangan ketika melakukan kontak dengan orang lain atau ketika ingin makan.

2. Memakai masker

Tips hadiri wedding di masa pandemi berikutnya yaitu selalu gunakan masker. Dalam acara pernikahan, Anda akan bertemu sejumlah orang. Lebih baik lagi bila menggunakan masker ganda agar semakin terlindungi.

3. Hindari kontak fisik

Tips menghadiri wedding di masa pandemi lainnya, yaitu hindari kontak secara langsung atau paling tidak jangan bersentuhan dengan orang lain saat berada di dalam pesta. Apabila ada orang yang mengajak bersalaman, Anda bisa menolaknya secara sopan demi kebaikan bersama. Contohnya dengan mengatupkan kedua tangan di dada, sebagai ganti bersalaman.

Jika Anda merasa malu menolak bersalaman dengan orang lain maka bisa memakai sarung tangan. Cara ini bisa membantu untuk menghindari kontak langsung karena tangan Anda dilapisi oleh kain atau sarung tangan berbahan lainnya.

4. Menjaga jarak

Penyelenggara acara pernikahan di masa pandemi memang seharusnya sudah memahami apa saja protokol kesehatan yang harus dipenuhi. Tamu undangan tinggal mengikuti aturan yang telah ditetapkan sehingga penularan virus dapat dicegah.

Di dalam acara wedding di masa pandemi, kursi duduk harus benar-benar memiliki jarak yang cukup. Minimal kursi satu dengan yang lainnya memiliki jarak satu meter.

Anda bisa memilih kursi yang tidak terlalu rapat. Kebanyakan orang senang memilih tempat duduk yang tidak terlalu di belakang namun juga tidak terlalu di depan. Pilihlah lokasi ternyaman serta membuat Anda tetap memiliki jarak dengan orang lain.

5. Minum vitamin

Apabila ingin berangkat menghadiri sebuah acara wedding di masa pandemi, pastikan Anda dalam kondisi yang benar-benar fit. Mengonsumsi vitamin sebelum berangkat juga sangat dianjurkan. Jangan lupa mengonsumsi makanan sehat juga agar daya tahan tubuh terus terjaga.

6. Membawa pulang makanan

Banyak orang yang merasa was-was mengonsumsi makanan di tempat. Untungnya, masa pandemi seperti sekarang ini makanan yang disediakan biasanya tidak boleh dimakan di lokasi acara dan harus dibawa pulang.

7. Gunakan kendaraan tepat dan aman

Saat akan menghadiri acara wedding, tak ada salahnya Anda menyiapkan kendaraan yang aman dan nyaman. Anda bisa sewa mobil melalui platform terpercaya, misalnya Traveloka Lifestyle Superapp.
Traveloka menyediakan rental mobil untuk berbagai macam keperluan, termasuk menghadiri acara pernikahan. Nantinya mobil akan dibersihkan dan disterilisasi terlebih dahulu sebelum disewakan. Anda akan merasa tenang menggunakan mobil dari Traveloka karena memenuhi standar pelayanan #CleanTrip di masa pandemi.

Anda pun bisa memilih mobil dengan kapasitas sesuai kebutuhan. Traveloka menyediakan banyak pilihan mobil untuk acara wedding di masa pandemi dan yang lainnya. Cara pemesanannya juga sangat mudah karena bisa dilakukan secara online. Jadi, Anda tidak perlu merasa bingung lagi ketika membutuhkan mobil untuk berbagai acara termasuk pernikahan. Langsung saja cek rental mobil Traveloka untuk pergi ke acara wedding.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA