Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Dosen Universitas BSI Berikan Strategi Produk UMKM

Senin 20 Sep 2021 09:53 WIB

Red: Hiru Muhammad

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Whatsapp Business, digital marketing untuk strategi peningkatan pemasaran produk UMKM. Berkolaborasi dengan Karang Taruna desa Parakan Ciomas, Kabupaten Bogor, acara ini digelar secara daring melalui zoom, pada Sabtu (9/11) silam.

Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Whatsapp Business, digital marketing untuk strategi peningkatan pemasaran produk UMKM. Berkolaborasi dengan Karang Taruna desa Parakan Ciomas, Kabupaten Bogor, acara ini digelar secara daring melalui zoom, pada Sabtu (9/11) silam.

Foto: istimewa
Kegiatan pelatihan diharapkan dapat memberi manfaat bagi UMKM masyarakat desa Parakan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR--Dosen Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tema Pelatihan Whatsapp Business, digital marketing untuk strategi peningkatan pemasaran produk UMKM. Berkolaborasi dengan Karang Taruna desa Parakan Ciomas, Kabupaten Bogor, acara ini digelar secara daring melalui zoom, pada Sabtu (9/11) silam. 

Nunung Hidayatun selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran produk hasil olahan Karang Taruna, Ciomas. Menurutnya digital marketing merupakan ilmu yang harus diterapkan oleh pelaku UMKM Karang Taruna Ciomas, dalam menjangkau customer sebanyak-banyaknya. “Digital marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini, memadukan teknik, serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya,” jelas Nunung dalam rilis yang diterima, Senin (20/9). 

Nunung mengungkap, kegiatan pelatihan diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat desa Parakan, pada sektor UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan profit. “Dengan beralih ke media online, setidaknya dapat membantu mereka agar meningkatkan profit dan penghasilan mereka”, ujarnya.

Sementara itu, Andri Kurniawan selaku tutor menjelaskan bahwa, jenis pemasaran digital marketing dinilai lebih efektif karena bisa dijalankan dari rumah dan tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal. Karena tidak butuh modal yang besar, digital marketing juga dapat dimanfaatkan oleh UMKM untuk menjangkau target pasar yang lebih luas dan meningkatkan profit.

“Digital marketing dalam pemanfaatan media sosial salah satu nya adalah whatsapp business. WhatsApp Bisnis adalah salah satu aplikasi chat, yang dikhususkan untuk para pemilik bisnis. WhatsApp Bisnis juga menjadi pilihan tepat untuk digunakan. Di Indonesia, sudah banyak orang yang menggunakan WhatsApp. WhatsApp memang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil, seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” tutur Andri. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA