Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

100 Nakes TNI AD Bantu Percepatan Vaksinasi di Bogor

Senin 20 Sep 2021 09:36 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Mas Alamil Huda

Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 kepada lansia sat vaksinasi massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/8).

Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 kepada lansia sat vaksinasi massal di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (19/8).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Satgas Covid-19 pusat meminta Pemkab Bogor memvaksinasi 100 ribu orang per hari.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Sebanyak 100 orang tenaga kesehatan (nakes) dari Mabes TNI Angkatan Darat, tiba di Kabupaten Bogor, Ahad (19/9), untuk membantu mempercepat pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bogor. Ratusan nakes ini ditugaskan membantu pelaksanaan vaksinasi di empat kecamatan besar, yakni Kecamatan Cibinong, Citeureup, Gunungputri dan Cileungsi.

Diketahui, Kabupaten Bogor memiliki penduduk sebanyak 5,5 juta jiwa. Bupati Bogor, Ade Munawaroh Yasin, mengatakan, untuk cakupan vaksinasi di Kabupaten Bogor saat ini sudah mencapai 1.716.865 atau 20,21 persen. Pemkab Bogor, kata Ade Yasin, diminta oleh Satgas Covid-19 pusat untuk harus mampu melaksanakan vaksinasi 100 ribu orang per hari. 

“Bayangkan 100 ribu per hari yang harus divaksin, ini tantangan buat kita menuju Indonesia Sehat, sehingga kita sekuat tenaga dengan nakes yang ada, tadinya kita punya 1.076 nakes, alhamdulilah ketika koordinasi dengan lembaga kesehatan termasuk RS swasta, klinik, asosiasi bidan, nakes kita ditambah 600 orang totalnya jadi 1.676, ini kekuatan kita, dengan jumlah yang minim kita mampu melaksanakan vaksinasi 50 ribu orang per hari,” ujar Ade Yasin dalam keterangannya, Senin (20/9).

Lebih lanjut, Ade Yasin menjelaskan, 100 orang nakes dari Mabes TNI AD akan dibagi menjadi empat tim yang sudah diatur oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor. Setiap satu titik pelaksanaan vaksinasi, akan diterjunkan 25 orang nakes dan akan ditempatkan di empat kecamatan besar.

Ade Yasin menyebutkan, empat kecamatan itu merupakan daerah yang berbatasan dengan Jakarta. Yakni Kecamatan Cibinong, Citeureup, Gunungputri, dan Cileungsi,  karena Kabupaten Bogor merupakan daerah aglomerasi dengan Jakarta.

“Seratus orang nakes ini rencana masa tugasnya selama 30 hari sampai Oktober, mudah-mudahan bisa diterima dengan baik, sekali lagi saya ucapkan alhamdulilah dan terima kasih kepada para nakes yang telah bersedia terjun ke Kabupaten Bogor, selamat datang di Kabupaten Bogor,” ujarnya.

Menurutnya, kerja sama yang cukup kolaboratif antara Pemkab Bogor, TNI dan POLRI dalam pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Bogor berjalan sangat baik. Di mana, target vaksinasi di 101 puskesmas juga tinggi, termasuk juga kecamatan diminta untuk menyelenggarakan vaksin 2.000 orang per hari.

“Ada yang mampu dan tidak karena memang tergantung sumber daya manusianya. Tapi Alhamdulilah walaupun belum mencapai target kita terus laksanakan vaksinasi ini dari hari Senin sampai Ahad. Mudah-mudahan kita bisa mencapai herd immunity 70 persen sehingga masyarakat bisa aktivitas kembali meskipun dengan prokes yang ketat,” pungkasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA