Senin 20 Sep 2021 08:39 WIB

Ratusan Orang Bersihkan Pantai Jeddah

Lebih dari 50 ribu sampah telah diangkut di Pantai Jeddah

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani
Pantai di kawasan Corniche, Jeddah, Arab Saudi
Foto: Arab News
Pantai di kawasan Corniche, Jeddah, Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Lebih dari 500 orang membantu membersihkan pantai Khaleej Salman dan Alexandria di Jeddah pada Sabtu (19/9). Acara bersih-bersih pantai tersebut diselenggarakan oleh Hejaz Bloggers, sebuah kelompok komunitas Saudi.

Dilansir dari Arab News, mereka memungut sampah dari pantai, sementara 20 penyelam memindahkan sampah dari dasar laut. Secara keseluruhan, lebih dari 50 ribu sampah telah diangkut.

Kelompok tersebut menyelenggarakan acara untuk menandai Hari Bersih-Bersih Sedunia (World Cleanup Day) pada 18 September, sebagai salah satu gerakan sipil global terbesar, yang menjangkau 180 negara dalam upaya mencapai planet yang lebih bersih.

"Kami adalah tim berkomitmen yang bersatu untuk memulihkan dimensi lingkungan ke dalam gaya hidup kami, dan pada akhirnya membentuk dan membangun kebiasaan berkelanjutan yang meningkatkan kualitas hidup di sekitar demografi yang luas,” kata penyelenggara Hejaz Bloggers Ruaa Obied dilansir dari Arab News, Senin (20/9).

“Pada akhirnya, kami menghasilkan budaya yang lebih baik yang dapat mempertahankan keberadaannya selama berabad-abad ke depan," sambung Obied.

Visi Saudi 2030 memainkan peran besar dalam masalah lingkungan melalui perbaikan undang-undang dan peraturan, dan promosi daur ulang dan penggunaan produk yang berkelanjutan. Ini bertujuan untuk mengembangkan praktik ramah lingkungan yang dapat mengurangi jejak kita pada lingkungan untuk meningkatkan sektor ekowisata.

Menurut Obied, Visi Saudi 2030 memainkan peran besar dalam masalah lingkungan melalui perbaikan undang-undang dan peraturan, dan promosi daur ulang dan penggunaan produk yang berkelanjutan.

“Ini bertujuan untuk mengembangkan praktik ramah lingkungan yang dapat mengurangi jejak kita pada lingkungan untuk meningkatkan sektor ekowisata,” tambahnya.

Karena Kerajaan bertujuan untuk mengembangkan dan menumbuhkan sektor pariwisatanya, Obied percaya upaya untuk meningkatkan dan memelihara lingkungan yang lebih bersih akan memainkan peran kunci dalam mencapai hal tersebut. Hal ini memotivasi anggota kelompok blogger untuk mengambil tindakan dan menggunakan keterampilan dan profil publik mereka untuk kebaikan yang lebih besar.

"Blogging banyak melibatkan aktivitas fisik, ditambah dengan budaya, keberlanjutan dan pariwisata nasional,” kata Obied.

Anggota kelompok akan terus menggunakan pengaruh mereka dalam upaya untuk mempromosikan perubahan positif.

“Kami memiliki hal-hal luar biasa, dari Hari Relawan Sedunia hingga kesadaran kanker payudara dan banyak lagi, untuk merayakan hari-hari internasional yang berkaitan dengan kebaikan bersama masyarakat Saudi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement