Ahad 19 Sep 2021 20:57 WIB

Rano Karno Kunjungi 'Puan Maharani' Penerima Beasiswa PIP

Beasiswa PIP merupakan komitmen pemerintah untuk meringankan biaya pendidikan.

Rano Karno Kunjungi 'Puan Maharani' penerima beasiswa PIP.
Foto: Dok: Istimewa
Rano Karno Kunjungi 'Puan Maharani' penerima beasiswa PIP.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Anggota DPR RI Rano Karno bersama Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo mengunjungi Puan Maharani, seorang pelajar yang mendapatkan bantuan beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) melalui usulan aspirasi anggota dewan. Pelajar tersebut bersama keluarganya tinggal di tempat usaha sekitaran wisata danau Cipondoh, Kota Tangerang. 

Anggota Komisi X DPR RI yang akrab disapa Bang Rano secara langsung meninjau kondisi kelayakan tempat tinggal anak dan kondisi ekonomi keluarganya, sehingga  implementasi program andalan presiden di bidang pendidikan ini tepat sasaran kepada siswa yang benar-benar layak dibantu. 

Baca Juga

"Saya harus memastikan bahwa sasaran penerima program PIP ini adalah pelajar yang layak menerima. Maka dari itu, saya bersama Ketua DPRD Kota Tangerang melakukan kunjungan lapangan, agar saya dapat mengawal program Pak Jokowi ini hadir tepat ditengah masyarakat yang membutuhkan." Ungkap Rano. 

Politikus PDI Perjuangan tersebut lanjut mengatakan, beasiswa PIP merupakan wujud komitmen pemerintahan Jokowi untuk meringankan biaya pendidikan masyarakat, sehingga seluruh pelajar dapat mengkases program ini tanpa melihat domisili alamat kependudukan. Hal ini sangat membantu ditengah keterbatasan alokasi bantuan yang bersumber dari pemerintah daerah. 

“Ini merupakan wujud komitmen bersama pemerintahan Bapak Jokowi untuk memperluas akses pendidikan kepada seluruh pelajar tanpa melihat alamat domisili. Bantuan ini sangat membantu ditengah keterbatasan alokasi bantuan yang berasal dari pemerintah daerah, maka dari itu kita harus sukseskan," tambahnya. 

Dalam kesempatan tersebut,  beliau menyapa langsung peserta didik penerima manfaat, dan berinteraksi langsung dengan keluarganya. Uniknya, secara kebetulan nama pelajar tersebut adalah Puan Maharani, nama yang serupa dengan Ketua DPR RI Ibu H.C Puan Maharani politisi dari partai yang sama PDI Perjuangan. pelajar tersebut mengatakan, dirinya bercita-cita ingin menjadi orang yang berguna untuk masyarakat 

“nama saya Puan Maharani, cita-cita saya ingin menjadi guru agar bermanfaat untuk banyak orang. Nama ini sama seperti Ibu Puan ketua DPR RI saat ini karena memang terinspirasi oleh beliau atas keberhasilannya terpilih sebagai anggota DPR tahun 2009, ibu saya ingin saya jadi perempuan hebat yang berguna untuk masyarakat seperti Ibu Puan” tegasnya. 

Bersama dalam acara tersebut, Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot wibowo mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pak Rano Karno, yang memperjuangkan program Presiden Jokowi yaitu PIP bagi masyarakat Kota Tangerang. Ditengah pandemi covid 19 tentu anggaran daerah sangat terdampak, sehingga program daerah seperti Tangerang Cerdas tidak sebanding dengan jumlah warga yang membutuhkan. Apalagi program kami hanya untuk pelajar ber KTP Kota Tangerang. 

“Terima kasih Pak Rano karno telah berjuang agar program PIP ini terealisasi bagi sebagian masyarakat Kota Tangerang. Kami sadar anggaran daerah kami terbatas, Program Tangerang cerdas sasaran penerimanya tidak banyak dan hanya khusus bagi pelajar ber KTP Kota Tangerang. Dengan adanya program beasiswa PIP ini sangat membantu sekali bagi saudara kita yang bukan beralamat KTP Kota Tangerang. Ini adalah wujud komitmen Bapak presiden Jokowi untuk memperluas akses pendidikan pelajar Indonesia,” ucapnya. 

Selanjutnya Ketua DPRD yang sekaligus Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Tangerang  ini juga menjelaskan, bahwa seluruh kader PDI Perjuangan berkomitmen untuk turut serta mensukseskan program pendidikan ini sehingga dapat memberikan pendidikan yang layak untuk masyarakat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement