Ahad 19 Sep 2021 18:41 WIB

Objek Wisata di Cilacap Lakukan Uji Coba Operasional

Sebelum buka untuk uji coba, pengelola objek wisata harus melakukan simulasi.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fuji Pratiwi
Benteng Pendem, Cilacap, Jawa Tengah. Benteng Pendem jadi salah satu objek wisata yang menjalani uji coba operasional di masa PPKM.
Foto: KASKUS
Benteng Pendem, Cilacap, Jawa Tengah. Benteng Pendem jadi salah satu objek wisata yang menjalani uji coba operasional di masa PPKM.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Objek wisata Cilacap, Jawa Tengah mulai melakukan uji coba operasional. Beberapa objek wisata yang mulai dibuka sebagai uji coba, antara lain objek wisata pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem yang masih berada dalam satu kawasan.

''Setelah kemarin dilakukan simulasi, mulai hari ini kita melakukan uji coba membuka objek wisata,'' jelas Sertu Suharno, staf pengelola objek wisata Teluk Penyu, Sabtu (18/9).

Baca Juga

Dia menyebutkan, pelaksanaan uji coba ini dilakukan mengacu simulasi pembukaan objek wisata yang dilakukan sebelumnya. Dalam uji coba tersebut, dari tiga pintu masuk menuju objek wisata Teluk Penyu, hanya satu pintu masuk yang dibuka. Demikian juga, kapasitas pengunjung masih dibatasi maksimal 25 persen dari kapasitas pengunjung. Itu pun masih terbatas wisatawan lokal.

''Pengunjung yang masuk juga harus menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi untuk membuktikan mereka sudah divaksinasi minimal dosis pertama,'' kata Suharno.

Objek wisata Teluk Penyu dan Benteng Pendem, saat ini sudah dikelola kembali TNI AD. Hal ini menyusul berakhirnya kontrak pengelolaan objek wisata dengan Pemkab Cilacap, beberapa waktu lalu.

Dalam simulasi yang dilaksanakan Kamis (16/9), berbagai pihak ikut hadir mengikuti simulasi tersebut. Selain dihadiri pejabat terkait, simulasi juga melibatkan para pemangku kepentingan lainnya seperti pengurus layanan kapal wisatawan dan pedagang di lingkungan Teluk Penyu.

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap, Tri Komara menjelaskan, status PPKM Kabupaten Cilacap hingga saat ini masih pada level 3. Namun dia juga menyebutkan, lampu hijau untuk uji coba pembukaan objek wisata sudah diberikan oleh pemerintah. ''Syaratnya, sebelum dilakukan uji coba, para pengelola obyek wisata wajib melakukan simulasi pembukaan,'' kataTri Komara. 

Dia berharap, dengan pandemi Covid-19 yang semakin menurun, status PPKM Kabupaten Cilacap  bisa turun ke level 2, ''Dengan demikian, seluruh objek wisata bisa dibuka secara bertahap. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat,'' kata dia.

Tri Komara menyebutkan, warga Cilacap yang menggantungkan sumber penghasilan keluarga dari sektor pariwisata cukup besar. ''Penutupan objek wisata yang sudah berlangsung cukup lama ini, mau tidak mau benar-benar menyebabkan ekonomi masyarakat terpuruk,'' ungkap Tri Komara.

Dia menyebutkan, hingga saat ini sudah ada lima objek wisata di wilayahnya yang melakukan simulasi pembukaan. Selain objek wisata Pantai Teluk Penyu dan Benteng Pendem, juga objek wisata Kemit Forest Sidareja, Waduk Kubangkangkung Kawunganten, dan Pantai Widarapayung Binangun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement