Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

8 Makanan yang Buat Suasana Hati Menyenangkan

Ahad 19 Sep 2021 17:43 WIB

Red: Nora Azizah

Makanan memiliki peranan penting bagi kesehatan juga suasana hati.

Makanan memiliki peranan penting bagi kesehatan juga suasana hati.

Foto: Pixnio
Makanan memiliki peranan penting bagi kesehatan juga suasana hati.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan memiliki peranan yang besar dan penting bagi kesehatan tubuh. Penataan pola makan dan bahan- bahan yang tepat membuattubuh lebih berenergi selama menjalani hari. Dengan bahan- bahan makanan yang tepat juga, saat anda menjalani hari tubuh anda terasa lebih ringan dan suasana terasa lebih ceria.

"Makanan itu memiliki peranan penting untuk menyeimbangkan berbagai macam perasaan. Ada perasaan senang, sedih, marah, depresi, hingga takut itu bisa dipengaruhi oleh makanan. Maka dari itu kami para peneliti telah mempelajari berbagai bahan makanan dan nutrisinya sehingga bisa terhubung dengan kesehatan tubuh," kata Ahli diet dari Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok Jyoti Bhatt seperti dilansir dari Indian Express, Ahad (19/9).

Baca Juga

Jyoti pun membagikan delapan jenis makanan yang bisa memberikan manfaat baik tidak hanya dari nutrisi tapi juga untuk membuat suasana hati menyenangkan, dan meningkatkan keceriaan anda saat beraktivitas. Berikut delapan jenis makanannya.

1. Coklat hitam

Dibanding mengonsumsi coklat yang mengandung susu, anda lebih disarankan memakan coklat hitam yang masih memiliki kandungan kakao yang murni. Kakao mengandung triptofan sebuah zat yang seringkali digunakan oleh otak untuk memproduksi hormon serotonin yang menjadi hormon kunci untuk menjaga suasana hati anda tetap stabil.

Dengan memiliki hormon serotonin yang maksimal, tentu anda pun bisa menjalani hari dengan lebih nyaman dan ceria.

2. Teh Hijau

Teh Hijau selain memiliki manfaat mengurangi reaksi inflamasi pada tubuh dan juga bisa membantu proses menurunkan berat badan ternyata turut berfungsi membantu fungsi otak lebih maksimal. Antioksidan yang ada di dalamnya berfungsi untuk terus membantu sel- sel di dalam otak menjalankan fungsinya dengan optimal pada saat dikonsumsi.

3. Paprika

Mengandung banyak vitamin penting termasuk vitamin A dan vitamin B6, rupanya keduanya menjadi vitamin yang amat penting untuk perkembangan sel- sel baru dan juga meningkatkan kinerja otak. Dengan mengonsumsi paprika, tubuh anda pun akan terbantu untuk memproduksi hormon serotonin dan norepineferin secara alami dan tentunya dengan demikian suasana hati anda akan semakin baik.

4. Makanan beromega 3

Makanan yang kaya mengandung omega 3 selain dapat mengontrol penyakit jantung, membantu penurunan berat badan, ternyata juga memiliki manfaat antioksidan. Bahan makanan itu pun juga membantu kadar depresi menjadi lebih rendah dan juga memperbaiki kondisi mental dan tingkah laku seseorang.Ada banyak makanan yang mengandung omega 3 selain telur ayam, di antaranya seperti salmon, chia seeds, dan flax seeds.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA