Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Pfizer, Moderna & AstraZeneca Ganti Nama di Kanada, Ada Apa?

Ahad 19 Sep 2021 13:20 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ani Nursalikah

Pfizer, Moderna & AstraZeneca Ganti Nama di Kanada, Ada Apa?

Pfizer, Moderna & AstraZeneca Ganti Nama di Kanada, Ada Apa?

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Namun, tidak ada perubahan pada vaksin itu sendiri.

REPUBLIKA.CO.ID, TORONTO -- Kementerian Kesehatan Kanada mengizinkan perubahan nama merek untuk tiga vaksin Covid-19 yang disetujui untuk digunakan. Perubahan nama menjadi syarat agar bisa digunakan di Kanada.

Vaksin Pfizer-BioNTech sekarang akan diberi nama Comirnaty, vaksin Moderna akan diberi nama SpikeVax, dan vaksin AstraZeneca akan diberi nama Vaxzevria. "Ini hanya perubahan nama. Tidak ada perubahan pada vaksin itu sendiri," tulis Kemenkes Kanada di Twitter dilansir dari CTV News, Ahad (19/9).

Baca Juga

Perusahaan Pfizer dan Moderna mengatakan perubahan ini menandai persetujuan penuh vaksin untuk orang yang berusia 12 tahun ke atas di Kanada. Adapun kedua vaksin itu sebelumnya telah disetujui berdasarkan persetujuan sementara yang berakhir pada Kamis lalu.

“Berdasarkan data tindak lanjut jangka panjang yang kami kirimkan, keputusan hari ini oleh Health Canada menegaskan profil kemanjuran dan keamanan vaksin kami pada saat dibutuhkan secara mendesak,” ujar Fabien Paquette sebagai pimpinan vaksin di Pfizer Kanada.

Kemenkes Kanada mengatakan ketika Pfizer dan Moderna menyerahkan vaksin mereka untuk meminta persetujuan di bawah Peraturan Makanan dan Obat-obatan, pengajuan tersebut termasuk perubahan nama merek. Badan tersebut menambahkan Maret lalu, mereka mengubah Peraturan Makanan dan Obat-obatan untuk menyediakan mekanisme bagi produk Covid-19 guna mendapatkan status hukum permanen. 

"Departemen telah meninjau semua data yang diperlukan tentang keamanan, kemanjuran, dan proses pembuatan untuk vaksin Pfizer dan Moderna Covid-19,” kata badan tersebut. 

Nama baru bagi tiga vaksin tersebut sudah digunakan untuk tujuan promosi di Uni Eropa dan Amerika Serikat. Botol vaksin masih akan berisi istilah yang lebih sering digunakan untuk jangka waktu tertentu untuk meminimalkan kebingungan. 

"Meskipun nama merek vaksin akan menjadi Comirnaty setelah persetujuan ini, Kanada akan terus menerima botol vaksin berlabel Pfizer-BioNTech Covid-19 Vaccine,” kata Pfizer dalam rilis berita. 

"Formulasi untuk Vaksin Covid-19 Pfizer-BioNTech adalah formulasi yang sama dengan Comirnaty dan dianggap dapat dipertukarkan oleh Health Canada untuk menyediakan seri vaksinasi Covid-19. Mengingat pandemi yang sedang berlangsung saat ini, transisi bertahap ke pelabelan baru dengan nama merek Comirnaty akan terjadi di kemudian hari," kata Pfizer.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA