Ahad 19 Sep 2021 06:00 WIB

Malaysia Prihatin Australia Bangun Kapal Selam Nuklir

Malaysia prihatin dengan rencana Australia untuk membangun kapal selam nuklir.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Kapal Selam (Ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Kapal Selam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Malaysia prihatin dengan rencana Australia untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir di bawah pakta baru dengan Inggris dan Amerika Serikat. Keputusan itu dinilai dapat mengkatalisasi perlombaan senjata nuklir di kawasan Indo-Pasifik.

"Ini akan memprovokasi kekuatan lain untuk juga bertindak lebih agresif di kawasan itu, terutama di Laut China Selatan," kata Kantor Perdana Menteri Malaysia dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Australia akan membangun delapan kapal selam bertenaga nuklir di bawah kemitraan keamanan Indo-Pasifik yang telah membuat marah Cina. Pernyataan Kuala Lumpur tidak menyebutkan Beijing, tetapi kebijakan luar negeri Beijing di kawasan itu semakin tegas, terutama klaim maritimnya di Laut Cina Selatan yang kaya sumber daya, beberapa di antaranya bertentangan dengan klaim Kuala Lumpur sendiri.

"Sebagai negara di dalam ASEAN, Malaysia memegang prinsip menjaga ASEAN sebagai Zona Damai, Kebebasan, dan Netralitas (ZOFPAN)," kata pernyataan itu mendesak semua pihak untuk menghindari provokasi dan persaingan senjata di wilayah tersebut. Dwina Agustin/reuters

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement