Sabtu 18 Sep 2021 07:53 WIB

Para Astronom Pecahkan Misteri Kosmik Berusia 900 Tahun

Astronom melihat objek seterang Saturnus yang terlihat selama 6 bulan di langit.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Dwi Murdaningsih
Supernova (ilustrasi).
Foto: Science Alert
Supernova (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim astronom internasional berhasil memecahkan misteri kosmik berusia 900 tahun. Misteri kosmik itu pertama kali terlihat di China pada 1181 masehi (M).

Peristiwa ini awalnya terlihat dan didokumentasikan oleh astronom China dan Jepang pada abad ke-12. Mereka mengatakan objek itu seterang Planet Saturnus dan tetap terlihat selama enam bulan.

Baca Juga

Sekarang, para astronom mengatakan mereka telah memecahkan teka-teki berusia 840 tahun itu. Peristiwa itu adalah peristiwa tabrakan dua bintang yang sangat padat di Bima Sakti dan menyebabkan supernova.

Ledakan itu kemungkinan menghasilkan pembentukan bintang panas yang mendesis, sekarang dikenal sebagai bintang Parker, dan nebula, cangkang gas dan debu yang mengembang, yang disebut Pa 30.

Supernova yang disebut Bintang Tamu China, tahun 1181 M tetap terlihat dari 6 Agustus hingga 6 Februari tahun itu. Itu adalah satu dari sembilan supernova yang tercatat secara historis di galaksi kita, 

Mereka juga mencatat perkiraan lokasi di langit penampakan tetapi tidak ada sisa ledakan yang dikonfirmasi yang telah diidentifikasi oleh para astronom modern. Empat supernova lainnya sekarang dikenal dengan sains modern dan termasuk nebula kepiting yang terkenal.

Sumber ledakan abad ke-12 ini tetap menjadi misteri hingga penemuan terbaru ini dilakukan oleh tim astronom  internasional dari Hong Kong, Inggris, Spanyol, Hungatia, dan Prancie termasuk profesor Albert Zijlstra dari Universitas Manchester. Dalam makalah baru, para astronom menemukan bahwa nebula Pa 30 berkembang dengan kecepatan ekstrem lebih dari 1.100 kilometer  per detik. Mereka menggunakan kecepatan ini dan membutuhkan waktu sekitar 1.000 tahun yang akan bertepatan dengan peristiwa 1181 M.

Pa 30 dan Parker's Star sebelumnya telah diusulkan sebagai hasil penggabungan dua White Dwarf. Peristiwa semacam itu diperkirakan mengarah pada jenis supernova yang langka dan relatif redup yang disebut 'Supernova Tipe lax'.

Zijlstra menambahkan hanya sekitar 10 persen supernova jenis ini tidak dipahami dengan baik. Fakta bahwa SN1181 redup tetapi memudar dengan sangat lambat cocok dengan jenis ini. 

"Ini adalah satu-satunya peristiwa dimana kita dapat mempelajari keduanya, nebula yang tersisa dan bintang yang bergabung dan juga memiliki deskripsi ledakan itu sendiri," kata dia.

Penelitian ini dipublikasikan dalam The Astrophysical Journal Letters.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement