Jumat 17 Sep 2021 19:58 WIB

Perkuat Layanan, PT Pos Indonesia Gandeng Kurir Wanita

O-Ranger Mawar adalah terobosan terbaru untuk meningkatkan layanan platform PosAja!

Rep: arie lukihardianti/ Red: Hiru Muhammad
PT Pos Indonesia (Persero)  memperkuat layanan platform digital courier PosAja! dengan memperkenalkan kurir khusus wanita O-Ranger Mawar serta menggandeng penyedia transportasi online Nusantara Ojek (Nujek).
Foto: istimewa
PT Pos Indonesia (Persero) memperkuat layanan platform digital courier PosAja! dengan memperkenalkan kurir khusus wanita O-Ranger Mawar serta menggandeng penyedia transportasi online Nusantara Ojek (Nujek).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--PT Pos Indonesia (Persero)  memperkuat layanan platform digital courier PosAja! dengan memperkenalkan kurir khusus wanita O-Ranger Mawar serta menggandeng penyedia transportasi online Nusantara Ojek (Nujek). 

Kick off O-Ranger Mawar dan penandatangan kerja sama antara Pos Indonesia dan Nujek dilakukan di Batu, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (17/9). Hadir pada kesempatan tersebut Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana serta jajaran manajemen Pos Indonesia lainnya. 

Menurut Siti, O-Ranger Mawar merupakan terobosan terbaru Pos Indonesia untuk meningkatkan layanan pada platform PosAja!. O-Ranger Mawar akan memaksimalkan peran wanita sebagai garda terdepan melayani konsumen dalam proses pickup dan kampasing kiriman barang PosAja!. 

O-Ranger Mawar akan melengkapi SDM O-Ranger existing yang saat ini mencapai sekitar 5.800 orang di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, O-Ranger wanita hanya sekitar 5 persen.

"Sebagaimana namanya, O-Ranger Mawar dikhususkan bagi wanita yang ingin bergabung menjadi kurir di Pos Indonesia. Ini akan melengkapi tenaga O-Ranger kami yang selama ini didominasi pria," ujar Siti Choiriana yang akrab disapa Ana dalam siaran persnya. 

Menurut Ana, sebagaimana filosofi namanya, O-Ranger Mawar hadir untuk memberikan pelayanan prima kepada konsumen. Mawar mengartikan melayani dengan penuh kehangatan, keikhlasan, serta komitmen kuat melayani customer dengan sepenuh hati. 

"Sejauh ini pelaku usaha perempuan cukup mendominasi, sehingga dengan hadirnya O-Ranger Mawar yang juga perempuan, diharapkan akan terjalin komunikasi lebih efektif. Ini komitmen Pos Indonesia dalam menjalin hubungan lebih baik dengan customer," katanya.

O-Ranger Mawar, kata dia, diharapkan bisa lebih leluasa ketika masuk ke berbagai segmentasi konsumen. Seperti ke pasar tradisional, pusat perbelanjaan, sentra UMKM, dan lainnya. O-Ranger Mawar juga akan menjadi marketing berbagai produk Pos Indonesia dalam upaya mendorong ekonomi nasional. 

Perlu diketahui, O-Ranger adalah tenaga kurir yang dikembangkan Pos Indonesia untuk mendukung jasa kiriman kurir dan logistik. Untuk melakukan kiriman secara online, konsumen cukup mendownload aplikasi PosAja di Play Store atau App Store. Pengguna kemudian memilih berbagai layanan kiriman di aplikasi PosAja, seperti Pos Instan Plus untuk kiriman dalam kota, kiriman reguler antar kota di Indonesia, serta Pos Express untuk kiriman ke luar negeri. 

Setelah melakukan pemesanan via handphone, barang kemudian akan di pickup oleh O-Ranger untuk dikirimkan ke alamat tujuan. Layanan kiriman dalam kota akan diterima alamat tujuan maksimal 3 jam setelah pemesanan. Konsumen bisa melakukan pembayaran transaksi ini melalui Pos Giro Mobile atau secara cash. 

Dalam rangka memperkuat layanan, kata dia,  Pos Indonesia juga menjalin kerja sama dengan aplikasi penyedia transportasi online Nusantara Ojek (Nujek). Kerja sama ini akan memperkuat bisnis kiriman antara kedua perusahaan dan pengembangan UMKM binaan Nahdlatul Ulama.

Nujek adalah platform aplikasi transportasi online yang dikembangkan Nahdlatul Ulama (NU). Aplikasi ini telah berkembang pesat di Jawa Timur dan memiliki kantor pelayanan di beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Malang, Jakarta, Batam, Gorontalo, Pontianak, Cirebon, dan lainnya. 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement