Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

5 Cara Mudah Turunkan Kolesterol Secara Alami

Sabtu 18 Sep 2021 01:18 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Sayuran (ilustrasi). Mengonsumsi serat larut dalam makanan berkarbohidrat, seperti biji-bijian, buah, dan sayuran, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Sayuran (ilustrasi). Mengonsumsi serat larut dalam makanan berkarbohidrat, seperti biji-bijian, buah, dan sayuran, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Foto: Republika/Prayogi
Ada beberapa cara alami yang bisa ditempuh untuk membantu menurunkan kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Banyak orang Indonesia yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dan itu bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk strok dan penyakit jantung. Meski saat ini ada obat yang bisa membantu menurunkan kolesterol, namun ada juga cara alami yang bisa dicoba.

Apa saja cara alami dalam menurunkan kadar kolesterol? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Eating Well, Jumat (17/9).

1. Makan karbohidrat kompleks
Mengonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat adalah cara yang bagus untuk menurunkan kolesterol secara alami. Serat larut hanya ditemukan dalam makanan karbohidrat, seperti biji-bijian, buah dan sayuran.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 5-10 gram serat larut per hari dapat menurunkan total dan kolesterol LDL antara 5-11 poin. Cobalah tambahkan seperempat cangkir buncis ke menu salad Anda, dan nikmati beberapa buah beri dengan sepiring telur atau yoghurt untuk sarapan.

2. Konsumsi lemak omega-3
Anda mungkin menganggap lemak jenuh dan lemak trans buruk untuk kolesterol, padahal tidak semua lemak itu buruk. Beberapa lemak benar-benar terbukti menurunkan kolesterol.

Baca Juga

Mengonsumsi lebih banyak lemak omega-3, yang ditemukan pada ikan berlemak dan biji rami, bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Kandungannya membantu mencegah penumpukan plak.

Lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang ditemukan dalam makanan nabati seperti alpukat dan kacang-kacangan, juga bisa mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Makanan ini juga dikemas dengan serat, antioksidan, dan fitosterol, yang semuanya membantu menurunkan kolesterol dan melindungi tubuh dari peradangan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA