Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Tangerang Hawks Angkat Efri Meldi Sebagai Pelatih

Jumat 17 Sep 2021 17:35 WIB

Red: Israr Itah

Presiden Direktur Tangerang Hawks Rama Datau (kiri) bersama pelatih  Tangerang Hawks Efri Meldi.

Presiden Direktur Tangerang Hawks Rama Datau (kiri) bersama pelatih Tangerang Hawks Efri Meldi.

Foto: REPUBLIKA/Israr Itah
Efri Meldi ditargetkan membawa Tangerang Hawks juara lima tahun ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Tangerang Hawks akhirnya mengumumkan pelatih yang akan bekerja menangani tim yang akan membuat debut di kompetisi Indonesian Basketball Legaue (IBL) 2022. Tangerang Hawks menggaet Efri Meldi dengan kontrak jangka panjang. Sebelumnya, beredar nama Ali Budimansyah dan Wahyu Widayat Jati yang bakal menangani Tangerang Hawks.

Presiden Direktur Tangerang Hawks Rama Datau mengatakan, manajemen klub saat ini membangun fondasi tim agar menjadi kekuatan yang diperhitungkan di kompetisi IBL. Tangerang Hawks menargetkan dalam lima tahun ke depan bisa menjadi juara IBL.

Baca Juga

Untuk itu, saat ini Tangerang Hawks tengah merekrut pemain-pemain muda yang akan menjadi tulang punggung tim ke depan. Manajemen melihat sosok yang paling tepat untuk menangani tim dengan mayoritas pemain muda adalah Coach Meldi.

"Itu alasan kami merekrut Coach Meldi. Kami ingin membentuk tim dengan fondasi yang bagus agar dalam lima tahun dari sekarang bisa juara," kata Rama Datau dalam konferensi pers di The Hawk Basketball, Tangerang, Jumat (17/9) sore.

Meldi sebelumnya menjadi pelatih Satya Wacana Saints Salatiga. Setelah 14 tahun mengabdi, ia akhirnya pergi meninggalkan Salatiga menuju Tangerang.

Menurut Meldi, visi dan misi manajemen Tangerang Hawks sejalan dengannya, yakni berorientasi mengembangkan tim dengan pemain muda. 

Ia juga melihat infrastruktur klub yang sangat baik. Sebagai catatan, Tangerang Hawks punya lapangan latihan dengan permukaan kualitas FIBA di The Hawks. Nantinya, akan ada lapangan basket dengan kualitas serupa di Indoor Stadum Sport Center untuk pertandingan. 

Infrastruktur yang baik ditambah dukungan manajemen yang profesional dinilainya menjadi modal kuat untuk meraih prestasi terbaik di masa depan.

"Saya akan mencoba menerapkan pengalaman saya di Satya Wacana bekerja dengan para pemain muda. Dengan support manajemen yang bagus, saya percaya target (juara) yang diberikan ke saya lima tahun bisa tercapai," kata Meldi.

Mengenai pemain, Rama Datau belum mau mengumumkan. Ia hanya mengatakan, ada sejumlah pemain muda yang sudah bergabung dalam timnya. Nantinya, Tangerang Hawks akan mencari beberapa pemain berpengalaman untuk menjadi  leader dalam tim. Menurut dia, pemain senior tetap dibutuhkan untuk menenangkan para pemain muda dalam situasi-situasi tertentu.

Menurut Rama Datau, tantangan yang dihadapi manajemen Tangerang Hawks adalah mencari pemain yang dibutuhkan dengan harga terjangkau. Sebab, dengan kehadiran empat tim baru untuk kompetisi IBL 2022, termasuk Tangerang Hawks, stok pemain berkualitas tapi dalam usia kompetitif menjadi terbatas. 

"Klub lain tentu menjaga pemain-pemain bagus mereka. Kalaupun ada pemain bagus dilepas, usianya tak muda lagi. Ini tantangan yang mesti kita hadapi," kata Rama Datau.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA