Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

Friday, 16 Rabiul Awwal 1443 / 22 October 2021

6 Manfaat Minum Teh Lemon Campur Jahe untuk Kesehatan 

Jumat 17 Sep 2021 14:28 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Kandungan teh lemon dan jahe membuat tubuh hangat dan rileks.

Kandungan teh lemon dan jahe membuat tubuh hangat dan rileks.

Foto: sweden.se
Kandungan teh lemon dan jahe membuat tubuh hangat dan rileks.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Jika Anda termasuk orang yang mengalami kesulitan tidur, Anda mungkin bisa mencoba konsumsi minuman herbal seperti teh lemon campur jahe. Kandungan minuman tersebut membuat tubuh hangat dan rileks. 

Dilansir dari healthline.com pada Jumat (17/9), teh lemon campur jahe bisa dimasukkan juga dengan madu. Minuman tersebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Baca Juga

Berikut terdapat tujuh manfaat teh lemon campur jahe :

Mengurangi Gangguan Pencernaan

Jika gangguan pencernaan kronis atau makan malam yang berat membuat Anda bangun lebih lambat dari yang Anda inginkan, secangkir teh lemon-jahe bisa menjadi penangkal yang bagus sebelum Anda tidur. 

Jahe telah lama digunakan dalam pengobatan alternatif dan tradisional karena kemampuannya untuk meringankan pengosongan lambung yang tertunda. Terlebih lagi, lemon mengandung senyawa limonene yang membantu pencernaan.

Dapat Meredakan Mual

Jahe telah lama disebut-sebut karena kemampuannya untuk meredakan mual, yang dialami banyak orang selama kehamilan atau kemoterapi. Menurut penelitian, mengonsumsi 1 sampai 1,5 gram jahe per hari mungkin cukup untuk mendapatkan efek anti-mual.

Satu artikel ulasan menemukan bahwa jahe mencegah dan mengurangi mual dan muntah yang terkait dengan kemoterapi di setengah dari studi yang dinilai.

Para ilmuwan belum bisa menunjukkan dengan tepat bagaimana jahe bekerja untuk mengurangi mual. Namun, ilmuwan menduga adanya gingerol pada jahe sebagai salah satu senyawa tanaman utama yang bertanggung jawab atas efek ini. Namun, hasilnya beragam.  

Dalam ulasan lain dari tujuh penelitian, tiga menemukan bahwa jahe memiliki efek positif pada mual. Dua menunjukkan sebagian besar efek positif, sementara dua lainnya tidak menemukan bahwa jahe memiliki efek pada mual dan muntah terkait kemoterapi.

Dapat Mengurangi Hidung Tersumbat

Uap yang dihasilkan dari minumam lemon campur jahe panas Anda dapat membantu membuka rongga hidung Anda dan membantu membersihkan hidung tersumbat. Minum sesuatu yang hangat juga meredakan sakit tenggorokan akibat penumpukan lendir.

Meskipun efek ini sebagian besar bersifat anekdot dan didukung oleh pengobatan tradisional, minuman ini mungkin berguna saat musim dingin dan flu atau jika Anda mengalami alergi musiman.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA