Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Gerakan Pramuka Jembatan Lahirkan Generasi Muda Berprestasi

Jumat 17 Sep 2021 08:27 WIB

Red: Gita Amanda

Ketua Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah, melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tanah Laut masa bakti 2020-2025.

Ketua Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah, melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tanah Laut masa bakti 2020-2025.

Foto: Pemprov Kalsel
Gerakan Pramuka diharapkan menjadi wadah untuk mendidik dan membina generasi pemuda

REPUBLIKA.CO.ID, PELAIHARI -- Ketua Gerakan Pramuka Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel), Raudatul Jannah, melantik Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tanah Laut masa bakti 2020-2025. Bupati Tanah Laut, Sukamta didaulat menjadi Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Tanah Laut.

Sementara Wakil Bupati beserta Anggota Forkopimda Kab Tanah Laut akan mendampingi Sukamta sebagai wakil ketua. Pelantikan Kamabicab Gerakan Pramuka Tanah Laut, dilaksanakan pada Kamis (16/9), di Balairung Tuntung Pandang, berlangsung dengan sederhana dan menerapkan protokol kesehatan.

Prosesi pelantikan Ketua dan pengurus Mabicab dan Kwarcab ditandai dengan pengucapan Tri Satya, dipandu Kakwarda Gerakan Pramuka Tanah Laut. Selama pengucapan tri satya, Sukamta memegang ujung bendera Merah Putih dan menempelkannya di dada kiri, yang selanjutnya mengucapkan naskah ikrar.

Kakwarda Gerakan Pramuka Kalsel, Raudatul Jannah berpesan setelah pelantikan ini, Gerakan Pramuka Tanah Laut dapat menjadi jembatan melahirkan generasi muda Tanah Laut menjadi lebih baik dan berpreatasi. "Saya berharap gerakan Pramuka menjadi wadah untuk mendidik dan membina generasi pemuda," pesannya, dalam siaran pers, Jumat (17/9).

Raudatul Jannah berharap, dengan dilantiknya Mabicab, Kwarcab, dan LPK Gerakan Pramuka Tanah Laut dapat memperkuat dan berkomitmen agar Gerakan Pramuka lebih dinamins dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan. Lebih memantapkan keorganisasian, kemudian dapat menggerakkan kembali kegiatan kepramukaan.

Masa sekarang jadi tantangan baru dari pengurus Kwarda maupun Kwarcab, untuk terus berinovasi, mengembangkan diri, dan melek terhadap teknologi, terlebih di masa pandemi ini. Banyak kegiatan kepramukaan yang dapat dilaksanakan meski di masa pandemi. Berbagai kegiatan kepramukaan juga tetap dapat dilaksanakan.

"Perlu inovasi dan kreatifitas dari para pengurus, sehingga kita dapat terus memberikan pendidikan maupun pelatihan kepada anggota Pramuka, baik secara daring maupun luring, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Ditambahkan Raudatul Jannah, Majelis pembimbing adalah suatu badan dalam gerakan pramuka yang mendukun pelaksaan tugas pokok Kwartir dan gugus depan dengan cara memberi bimbingan dan bantuan moril, material, finansial dan organisatoris pada tingkatan dan satuan gerakan pramuka.

"Untuk itu, saya titip kepada Bupati Tanah Laut, Sukamta yang juga KaMabicab untuk kemajuan Gerakan Pramuka Tanah Laut," harapnya.

Sementara KaMabicab Tanah Laut Sukamta menyampaikan terima kasih kepada KaKwarda Gerakan Pramuka Kalsel, atas pelantikan ini. "Terima kasih kami sampaikan kepada KaKwarda Gerakan Pramuka Kalsel, kami terus memohon bimbingan dan masukan untuk kemajuan Pramuka di Tanah Laut," sebutnya.

Sukamta berharap, melalui gerakan Pramuka dapat menjadi wahana untuk memperkuat dan membentuk karakter pemuda Tanah Laut yang kuat, tangguh, dan berkarakter. Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan pelantikan pengurus Kwartir Cabang dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Banjar masa bakti 2020-2025 oleh Kamabicab Gerakan Pramuka Tanah Laut, Sukamta.

Sementara itu, Nurul Hikmah didaulat menahkodai Kwarcab Gerakan Pramuka Tanah Laut, masa bakti 2020-2025.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA