Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Saturday, 29 Rabiul Akhir 1443 / 04 December 2021

Ingin Menjadi Game Changer, Ini yang Dilakukan Hyundai

Kamis 16 Sep 2021 19:42 WIB

Red: Hiru Muhammad

Kehadiran pabrik dan diler Hyundai di Tanah Air akan meramaikan persaingan otomotif khususnya kendaraan listrik di Tanah Air.

Kehadiran pabrik dan diler Hyundai di Tanah Air akan meramaikan persaingan otomotif khususnya kendaraan listrik di Tanah Air.

Foto: istimewa
Tanpa mematok target produksi, Hyundai mengaku ingin meningkatkan layanan konsumen

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Kehadiran pabrik Hyundai di Cikarang, Jawa Barat diharapkan dapat menggairahkan industri otomotif khususnya kendaraan listrik di Tanah Air. Diharapkan pabrik dapat segera beroperasi tidak lama lagi.

Keberadaan pabrik yang telah 95 persen selesai tersebut dinilai memiliki arti strategis bagi keberadaan pabrikan asal Korea Selatan di Indonesia. Pabrik ini akan memproduksi sejumlah model kendaraan Hyundai seperti MPV, SUV hingga kendaraan listrik. "Nanti akan diekspor di kawasan Asia Pasifik, kami serius disini karena kami ingin menjadi game changer," kata Makmur, Managing Director Hyundai Motors Indonesia, dalam keterangan tertulisnya usai peresmian diler Andalan Motor di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (16/9).

Selain pabrik pihaknya juga telah mendirikan pusat pengembangan produk di kawasan ini. Baginya adanya pusat layanan pengembangan produk sangat penting karena dapat mendukung kebutuhan kendaraan masyarakat di tanah Air dan kawasan ini. Namun, Makmur tidak menjelaskan jenis maupun jumlah kendaraan yang akan diproduksi di Indonesia. "kami akan siapkan produk sesuai kebutuhan pasar, produk kami bersifat global,"katanya. 

Hyundai sendiri tidak memtok target produksi di Indonesia. Pihaknya hanya berupaya meningkatkan layanan kepada konsumen. Hal itu dibuktikannya dengan mematok target hingga 100 outlet hingga akhir tahun ini dari Medan hingga Ambon.

Di Bekasi sendiri merupakan dealer Hyundai kelima Andalan Motor yang dibuka tahun ini, setelah Hyundai City Store (Pondok Indah Mall 3), Hyundai Pancoran (Jakarta Selatan), Hyundai Sawah Besar (Jakarta Pusat), dan Hyundai Leuwipanjang (Bandung). 

Hyundai Summarecon Bekasi mengusung konsep 3S (sales, service, spare part) dan berada di AXC Summarecon Bekasi, Jalan Bulevar Timur, Bekasi Utara, Jawa Barat. Bengkel ini memiliki empat service bay. Dealer ini juga dilengkapi stasiun pengecasan (charging station), sejalan dengan langkah Hyundai melepas dua mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV), Ioniq dan Kona Electric. 

Managing Director Andalan Motor Raynaldi Setiawan menuturkan, Summarecon Bekasi adalah salah satu kawasan perumahan ternama di Bekasi. Ini mendorong Andalan membuka showroom di kawasan ini. “Pertumbuhan ekonomi di Bekasi sangat baik, sehingga bisa menopang penjualan Hyundai,” katanya.

Jaringan dealer otomotif terkemuka nasional ini berharap bisa meraih sebanyak mungkin surat pemesanan kendaraan (SPK) mobil-mobil besutan Hyundai. Konsumen yang berminat dapat melakukan pemesanan unit seperti Palisade dan Staria antara 1 hingga 2 bulan. Bengkel tersebut juga menyediakan fasilitas pengisian listrik bagi pemilik kendaraan listrik Hyundai. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA