Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Pimpinan Komisi II Usul Waktu Kampanye Hanya 3 Bulan

Kamis 16 Sep 2021 19:06 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Ratna Puspita

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang

Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Junimart mengatakan kampanye Pemilu 2024 terselenggara pada masa pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Komisi II DPR Junimart Girsang mengatakan, efisiensi anggaran perlu dilakukan seluruh tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024. Salah satu caranya adanya dengan mempersingkat lamanya waktu kampanye.

"KPU itu enam bulan durasi kampanye, Pak Menteri bilang empat bulan, saya minta tiga bulan saja. Karena kampanye ini kan, apalagi dalam masa pandemi kan tidak boleh ada kerumunan," ujar Junimart dalam rapat kerja dengan Menteri Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis (16/9).

Baca Juga

Terkait pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, ia mengusulkan masa kampanye selama 45 hari saja. Alasannya sama, untuk mempersingkat tahapannya guna meringkas pengeluaran anggaran.

"Pilkada cukup 45 hari, kita mendukung program pemerintah dalam rangka semakin melandaikan pandemi ini," ujar Junimart.

Menurutnya, para calon presiden, legislator, dan kepala daerah perlu lebih cerdas dalam melakukan kampanye di 2024 nanti. Kampanye dengan mengundang banyak orang menurutnya sudah tak tepat lagi.

Apalagi, ia menilai, virus Covid-19 juga masih tetap ada pada 2024 dan protokol kesehatan tetap perlu dijaga oleh masyarakat meskipun kasusnya akan terus menurun seiring membaiknya penanganan pandemi. "Tidak perlu lagi lah euforia segala macam, kita juga perlu ubah mindset ini, seperti bagi-bagi masker seperti kata Pak Menteri. Jadi banyak cara, kenapa kita tidak buat saja tiga bulan saja kampanye," ujar Junimart. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA