Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

7 Makanan Ini Justru Lemahkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kamis 16 Sep 2021 18:55 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah

Beberapa makanan enak mungkin tidak baik bagi kekebalan tubuh.

Beberapa makanan enak mungkin tidak baik bagi kekebalan tubuh.

Foto: Flickr
Beberapa makanan enak mungkin tidak baik bagi kekebalan tubuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa makanan mungkin terasa enak. Namun, makanan tersebut ternyata tidak cukup gizi, dan justru membuat sistem kekebalan tubuh melemah.

Dilansir dari Ecowatch pada Kamis (16/9), beberapa makanan justru tak baik dikonsumsi karena melemahkan imunitas. Berikut makanan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, dirangkum berdasarkan penjelasan ahli.


1. Makanan Manis
Ketika memikirkan makanan manis mungkin dikaitkan dengan permen, cokelat dan manisan olahan lainnya. Namun, ternyata, buah atau jus kalengan mengandung banyak gula tambahan juga tak baik bagi sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, menambahkan terlalu banyak gula ke dalam makanan juga dapat meningkatkan gula darah. Kondisi ini bisa meningkatkan protein inflamasi terutama pada mereka dengan diabetes. Untuk itu, hindari mengonsumsi banyak gula.


2. Makanan Asin
Garam mungkin membuat makanan terasa jauh lebih enak. Namun, ini buruk untuk tubuh. Kelebihan garam bisa menghentikan fungsi kekebalan untuk bekerja secara normal, mengubah bakteri usus, dan meningkatkan risiko penyakit autoimun. 


3. Daging Olahan
Saatnya meninggalkan hot dog dan jenis makanan daging olahan lainnya. Daging olahan tinggi lemak jenuh dan telah terbukti berkontribusi terhadap disfungsi sistem kekebalan tubuh .

Daging juga memiliki produk akhir glikasi lanjutan yang merupakan senyawa berbahaya yang terbentuk ketika lemak dan protein bercampur dengan gula dalam darah. Sebagian besarnya berasal dari makanan yang dikonsumsi.


4. Makanan Cepat Saji
Siapa yang menyangkal bahwa makanan cepat saji tidak baik untuk tubuh. Makanan cepat saji tidak hanya buruk bagi berat badan tetapi juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Selain mengandung banyak garam, terkadang hal yang berbahaya dari makanan cepat saji adalah kemasan plastik atau styrofoam yang mengacaukan produksi hormon pada manusia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA