Kamis 16 Sep 2021 06:28 WIB

Usung Teknologi Mutakhir, Viuum Ingin Jawab Dua Isu Penting

Siapapun bisa mendapatkan rekomendasi kaca mata yang sesuai dengan wajah.

Teknologi pindai wajah sebelum pembuatan kaca mata oleh Viuum.
Foto: Dok. Ist
Teknologi pindai wajah sebelum pembuatan kaca mata oleh Viuum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viuum resmi ikut meramaikan industri kaca mata Tanah Air dengan membuka gerai pertamanya di Pondok Indah Mall 2 pada awal September 2021. Pendiri sekaligus CEO of Innovine Studio Indonesia Seyoung Jung mengatakan, pihaknya mencoba menjawab dua isu penting yang dihadapi seseorang saat membeli kacamata di retail kacamata konvensional.  

"Yang pertama adalah konsumen seakan terpaksa membuat pilihan tanpa informasi yang cukup. Kedua, kemampuan para optician yang tidak merata berimbas pada pelayanan yang kurang optimal kepada konsumennya," kata dia dalam keterangan resminya, Rabu (15/9). 

Ia mengatakan, pihaknya mencoba memecahkan masalah ini dengan mengadopsi berbagai teknologi untuk otomasi sebagian besar peran optician dan menyederhanakan proses pengambilan  keputusan konsumen. Teknologi yang mereka terapkan meliputi; pindai wajah 3D dan alat analisis wajah, algoritma untuk merekomendasikan ukuran dan bentuk kacamata yang tepat untuk setiap wajah, rekomendasi otomatis pemeriksaan mata yang diperlukan untuk kondisi mata masing-masing individu, rekomendasi otomatis lensa yang tepat. Kemudian, kata dia, yang tidak kalah pentingnya, kacamata dari hasil 3D printing yang hadir dalam 128 ukuran berbeda.

"Menggabungkan semua inovasi ini, Viuum mampu menciptakan pengalaman baru dalam membeli kacamata secara cepat, praktis, dan efisien. Konsumen tidak perlu mencoba begitu banyak kacamata secara acak," kata dia.

Dengan Viuum, kata Seyoung, siapapun bisa mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan wajah, menerima layanan pemeriksaan mata yang lebih terstandardisasi, dan mendapatkan algoritma berdasarkan rekomendasi dengan lensa yang sesuai untuk memperbaiki penglihatan. "Konsumen tidak perlu khawatir karena pegawai optik Viuum tidak akan menawarkan lensa dengan harga lebih mahal dan tidak sesuai kebutuhan. Dan terakhir, semua proses tersebut berlangsung kurang dari satu jam," ujar dia.

"Misi Viuum adalah memberikan pengalaman yang lebih cepat, praktis, dan efisien dalam proses konsumen menemukan kacamata baru dengan mengakomodir fitur wajah setiap individu yang unik, dengan solusi kacamata yang disesuaikan dengan kebutuhan melalui penerapan teknologi terbaru," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement