Kamis 16 Sep 2021 05:46 WIB

Nilai Emas yang Digasak Perampok di Medan Mencapai Rp 6,5 M

Emas hasil perampokan masih utuh belum ada yang dijual.

Petugas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menunjukkan barang bukti kejahatan dalam gelar perkara pengungkapan pencurian dengan kekerasan (perampokan) perhiasan emas di Semarang, Rabu (6/6). (Ilustrasi)
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menunjukkan barang bukti kejahatan dalam gelar perkara pengungkapan pencurian dengan kekerasan (perampokan) perhiasan emas di Semarang, Rabu (6/6). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Kapolda Sumatra Utara Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan emas seberat 6,8 kg yang digondol perampok mencapai senilai Rp 6,5 miliar. Kawanan perampok menggasak emas tersebut dari Toko Emas Aulia Chan dan Toko Emas Masrul F, di Pasar Simpang Limun, Jalan SM Raja Medan.

"Harga emas yang mencapai nilai miliaran rupiah itu berasal dari kedua toko emas tersebut," ujar Panca saat menjelaskan penangkapan lima pelaku perampokan dua toko emas Simpang Limun, di Mapolda, Rabu (15/9).

Ia menyebutkan emas seberat 6,8 kg yang dipegang perampok H sempat dibawa ke Kabupaten Dairi, dan disimpan di rumah orang tuanya. "Jadi emas seberat 6,8 kg itu dalam keadaan utuh dan belum ada yang dijual oleh perampok tersebut," ujar Kapolda Sumut.

Sebelumnya, Personel Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) meringkus lima pelaku perampokan bersenjata terhadap dua toko emas di Pasar Simpang Limun, Jalan SM Raja Medan, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan. Kelima pelaku yang ditangkap itu H (38) warga Jalan Paluh Kemiri Lubuk Pakam, P (32) warga Jalan Menteng VII Medan Denai, F (21) warga Jalan Garu I Medan Amplas, PG (26) wargaMedan Johor, dan D (28) warga Medan.

Pada saat dilakukan prarekonstruksi, salah seorang pelaku perampokan, yakni H mencoba melawan petugas sehingga dilakukan tindakan tegas dan akhirnya meninggal dunia. Peristiwa perampokan Toko Emas Aulia Chan dan Toko Emas Masrul F terjadi pada Kamis (26/8). Para pelaku yang menggunakan dua unit sepeda motor berhasil menggasak emas 6,8 kg dari dua toko emas tersebut. Sebelum meninggalkan TKP, pelaku H sempat menembak seorang juru parkir atas nama Julius yang mencoba menghalangi aksi perampokan tersebut.

Baca juga : Bioskop Boleh Buka, Sekda DIY: Tanggung Jawab Masing-Masing

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement