Rabu 15 Sep 2021 18:44 WIB

Kesal, Christopher Nolan Pilih Tinggalkan Warner Bros

Nolan kini memilih mendistribusikan filmnya melalui studio Universal Pictures.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Sutradara Christopher Nolan.
Foto: AP
Sutradara Christopher Nolan.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Sutradara Christopher Nolan akan membuat film yang tidak akan didistribusikan oleh Warner Bros. Kerja sama Nolan dan Warner Bros yang terjalin untuk pertama kalinya pada 2001, lewat film Memento, berakhir. 

Menurut laman Deadline, studio Universal Pictures-lah yang akan mendapatkan hak untuk membiayai dan mendistribusikan film Nolan berikutnya. Dilansir laman Collider pada Rabu (15/9) film baru Nolan berfokus kepada peran J Robert Oppenheimer dalam pengembangan bom atom.  

Nolan menulis skenarionya sendiri dan akan menyutradarainya. Film ini sekarang memiliki lampu hijau dengan tujuan untuk memulai produksi pada kuartal pertama 2022.

Film-film Nolan setidaknya telah didistribusikan sebagian oleh Warner Bros. Bahkan ketika Nolan menandatangani kontrak untuk membuat proyek Paramount Pictures, Interstellar, dia memastikan bahwa Warner Bros dipotong dalam kesepakatan sebagai distributor internasional.

Namun itu semua berubah dengan keputusan Warner Bros untuk merilis film 2021 bioskop dan layanan streaming HBO Max. Ketika langkah itu diumumkan, Nolan tidak berbasa-basi. Dia sangat tersinggung dengan keputusan Warner Bros yang tidak memberi tahu pembuat film sebelum mengumumkan keputusan tersebut. 

Dia selanjutnya menyebut HBO Max sebagai layanan streaming terburuk. Langkah itu cukup membuatnya kesal sehingga ketika tiba saatnya untuk membuat film berikutnya, dia pergi ke tempat lain.

Studio Universal Pictures, MGM, dan Sony Pictures adalah pesaing terakhir untuk membiayai dan mendistribusikan film berlatar Perang Dunia II ini, tetapi bukan Warner Bros. 

Jelas Nolan masih kesal dengan keputusan studio, terlepas dari kenyataan bahwa Warner Bros sekarang keluar dari  di bawah kendali perusahaan AT&T dan mereka telah menjelaskan bahwa pada 2022, film akan diputar di bioskop selama minimal 45 hari sebelum tayang di layanan streaming. Terlepas dari kenyataan bahwa Warner Bros berusaha sekuat tenaga untuk menayangkan film Tenet 2020 eksklusif di bioskop di tengah pandemi.

Universal Pictures sebenarnya menghindari menayangkan sebagian besar filmnya ke NBCUniversal. Misalnya, F9 tayang di bioskop pada Juni dan masih belum hadir di layanan streaming di Peacock, setelah menikmati pertunjukan eksklusif bioskop yang panjang. 

Tidak diragukan lagi, ketentuan kesepakatan Nolan dengan Universal memastikan penayangan film secara eksklusif di bioskop. Apapun masalahnya, ini adalah akhir dari sebuah era. Warner Bros telah lama memiliki reputasi sebagai studio ramah pembuat film, setia kepada sutradara seperti Nolan dan Clint Eastwood pada masa lalu. 

Akan menarik untuk melihat bagaimana Universal menangani film Nolan berikutnya, yang pasti akan sukses secara kritis dan komersial seperti kebanyakan filmnya. Dengan Nolan kembali ke film bernuansa Perang Dunia II setelah Dunkirk, menempatkannya tepat di lingkaran Oscar, dia mungkin akan menemukan kesuksesan Oscar dengan studio baru ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement