Rabu 15 Sep 2021 20:09 WIB

Indonesia Puji Malaysia Kirim Bantuan Medis Covid-19

Malaysia memberikan sejumlah peralatan medis penanganan Covid-19 untuk Indonesia

Red: Nur Aini
Indonesia memuji solidaritas pemerintah Malaysia yang mengirimkan bantuan medis kepada untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.
Indonesia memuji solidaritas pemerintah Malaysia yang mengirimkan bantuan medis kepada untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memuji solidaritas pemerintah Malaysia yang mengirimkan bantuan medis kepada untuk menangani pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Duta besar Indonesia untuk Malaysia Hermono mengatakan menilai bantuan ini tidak semata-mata signifikan dari segi nilai, tapi juga mencerminkan rasa kepeduliaan sebagai negara serumpun.

Baca Juga

“Ini memiliki makna lebih karena sebetulnya Malaysia juga sedang berjuang menghadapi Covid-19, tapi mereka masih memikirkan kesetiakawanan,” ucap Dubes Hermono saat dihubungi Anadolu Agency pada Rabu (15/9).

Dubes Hermono mengatakan Covid-19 di Malaysia sejatinya jauh lebih tinggi dari Indonesia, tetapi itu tidak menyurutkan langkah Malaysia untuk membantu Indonesia.

“Menlu Malaysia Datuk Saifuddin Abdullah mengatakan kalau tetangga sedang merasakan sakit, kita juga harus merasakannya,” tutur Hermono.

Sebelumnya, Malaysia memberikan sejumlah peralatan medis terkait penanganan Covid-19 untuk Indonesia, Rabu. Menlu Malaysia Saifuddin Abdullah menyerahkan bantuan tersebut kepada Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono di Pangkalan Udara Subang, Selangor, Rabu.

Kementerian Luar Negeri Malaysia mengungkapkan bantuan yang diberikan terdiri dari tangki ISO dan oksigen cair, oksigen konsentrator, obat-obatan, face shield, sarung tangan medis, hand sanitizers, dan serta peralatan medis lainnya. Menurut Kemenlu Malaysia, pemberian bantuan tersebut merupakan bukti hubungan yang kuat dan sangat baik antara kedua negara.

Malaysia mencatat tambahan 19.495 pasien baru Covid-19 pada Rabu sehingga total kasus positif menjadi 2.030.935 orang.​​​​​​​ Sedangkan, Indonesia mengumumkan 3.948 kasus baru Covid-19 pada Rabu sehingga total kasus menjadi 4.178.164.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/indonesia-puji-malaysia-kirim-bantuan-medis-covid-19/2365401
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement