Rabu 15 Sep 2021 17:25 WIB

Suka Cabai Hijau? Ketahui Manfaatnya untuk Kesehatan

Cabai hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Cabai hijau memiliki manfaat bagi kesehatan.
Foto: Republika/Yasin Habibi
Cabai hijau memiliki manfaat bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi pecinta pedas, tak lengkap rasanya bersantap tanpa cabai. Salah satu cabai yang cukup populer adalah cabai hijau. Selain menggugah selera, cabai hijau ternyata dapat membantu menurunkan berat badan dan mencegah diabetes.

Cabai hijau dikenal sebagai sumber antioksidan bernama capsaicin yang baik. Cabai hijau juga kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, kalium, dan serat.

Baca Juga

Menurut ahli, cabai hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan metabolisme tubuh hingga 50 persen. Ketika dikonsumsi, cabai hijau akan menaikkan suhu tubuh, meningkatkan laju metabolisme, dan memperbaiki sirkulasi darah. Efek-efek tersebut turut membantu proses penurunan berat badan.

Stdu juga telah menunjukkan bahwa makanan pedas dapat menekan nafsu makan dan memberikan perasaan kenyang lebih lama. Tak hanya itu, cabai hijau juga rendah kalori. Ketiga hal ini dapat membantu menurunkan asupan kalori ketika menurunkan berat badan.

Bagian cabai yang paling membantu penurunan berat badan adalah area membran berwarna putih yang menjadi tempat berkumpulnya biji-biji cabai. Bagian ini juga memiliki kandungan capsaicin tertinggi.

Selain membantu penurunan berat badan, cabai hijau dinilai dapat mencegah diabetes. Seperti diketahui, sindrom metabolik dan kadar gula darah yang terganggu merupakan faktor kunci dalam terjadinya diabetes, baik itu diabetes tipe 1, tipe 2, maupun gestasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement