Kamis 16 Sep 2021 05:55 WIB

Sehatkah Minum Pumpkin Spice Latte? Ini Kata Ahli Gizi

'Pumpkin spice latte' menjadi salah satu minuman kopi yang kini banyak digemari.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
'Pumpkin spice latte' menjadi salah satu minuman kopi yang kini banyak digemari.
Foto: Pixabay
'Pumpkin spice latte' menjadi salah satu minuman kopi yang kini banyak digemari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pumpkin spice latte menjadi salah satu minuman kopi yang banyak digemari karena citarasa rempahnya yang kuat. Minuman ini juga kerap disajikan pada musim gugur di Amerika Serikat.

Namun begitu, Anda juga tahu bahwa ada banyak efek samping setelah minum pumpkin spice latte. Apa saja efek samping yang dimaksud? Berikut penjelasan ahli diet seperti dilansir dari Eat This, Not That pada Rabu (15/9).

Baca Juga

1. Mengandung bahan pengawet

Menurut penulis di 'Fit Healthy Momma', Courtney D'Angelo, efek samping yang umum dari minum pumpkin spice latte adalah pengawet dan bahan yang tidak diketahui. "Kalium sorbat, yang merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memperpanjang umur simpan sesuatu, sering ditambahkan ke sirup dan saus bumbu labu," kata D'Angelo.

Meskipun potasium sorbate sebagian besar aman dikonsumsi, beberapa orang lebih sensitif terhadapnya daripada yang lain. Sebuah laporan dari The International Journal of Toxicology menyatakan bahwa jika Anda adalah seseorang yang sensitif terhadap kalium sorbat, Anda mungkin mengalami sakit kepala yang cukup parah setelah mengonsumsinya.

2.  Kandungan lemak tinggi

Mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung lemak boleh-boleh saja, asal tahu kadarnya. Sebagai contoh, pumpkin spice latte yang dibuat dengan 2 persen susu, mengandung sekitar 14 gram lemak, yang merupakan 18 persen dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Sayangnya, mengkonsumsi lemak sebanyak ini hanya dengan satu minuman dapat menyebabkan konsumsi lemak harian membengkak. Saat tubuh Anda menyerap lemak dari segera pumpkin latte, partikel lemak atau dikenal sebagai trigliserida memasuki aliran darah.

“Kadar trigliserida yang tinggi dapat menyumbat pembuluh darah, menurunkan kolesterol sehat, meningkatkan kolesterol jahat, dan meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata D'Angelo.

3. Anda mungkin alami sakit perut

Ahli Gizi Marie Murphy mengatakan bahwa krim yang ada di atas pumpkin spice latte mengandung lemak tambahan juga terkadang mengandung zat pembentuk gel yang disebut karagenan. Ini dapat berdampak negatif pada perut seseorang.

"Karagenan telah dikaitkan dengan sakit perut dan efek buruk pada saluran pencernaan. Jadi memilih minum pumpkin tanpa krim bisa membantu,” kata Murphy.

4. Kandungan gula tambahan tinggi

Ahli Gizi terdaftar Angela Houlie mengatakan bahwa bahan utama dari pumpkin spice latte bukanlah labu melainkan gula. Ada 50 gram gula dalam Pumpkin Spice Latte. Padahal CDC hanya merekomendasikan sekitar 12 sendok teh gula per hari.

"Pumpkin spice latte mungkin membuat Anda merasa hangat dan nyaman, tapi itu juga berkontribusi pada lonjakan gula yang besar diikuti oleh penurunan. Jadi pertimbangkan untuk mengurangi kandungan gula di dalamnya,” kata Houlie.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement