Rabu 15 Sep 2021 15:42 WIB

Gula Obat Diabetes Indonesia Berlaga di Kompetisi Berlin

Gula aren bisa diolah menjadi gula langka yang bebas kalori.

Gula Aren
Gula Aren

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengobati diabetes dengan gula aren? Kedengaran kontroversial. Namun temuan periset muda Amalia bisa membantu penderita diabetes mengatasi masalah mereka dengan gula aren. Bagaimana berfungsinya?

Pengidap diabetes mellitus harus berjuang mengatasi keseharian yang membosankan, untuk menjaga kadar gula darahnya tetap stabil pada batas aman. Mereka juga harus melakukan terapi obat-obatan sepanjang hidupnya. Yang paling menyiksa adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman manis yang mengandung gula.

Baca Juga

Bahan pemanis buatan yang saat ini lazim digunakan, juga memiliki sejumlah efek negatif yang harus diwaspadai. Mencermati berbagai batasan dan terapi panjang para pasien diabetes ini, periset muda Amalia Sitti Khayyira membuat penelitian berbasis gula aren untuk mengembangkan makanan sejenis obat bagi penderita diabetes.

Metode produksinya mulai dilakukan tahun 2017, berbasis fermentasi sederhana mengkonversi gula aren menjadi senyawa D-allulosa, yaitu gula langka (rare sugar) yang bebas kalori. Gula ini memiliki manfaat penurunan glukosa darah tapi masih menyisakan rasa manis gula. Keunggulan metode produksinya, adalah bisa dilakukan dalam skala industri rumahan.

sumber : DW
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement