Rabu 15 Sep 2021 12:23 WIB

5 Cara Mudah Memulai Pola Makan Sehat

Ada beberapa aturan dasar bagi pemula yang ingin mengubah pola makan sehat.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Ada beberapa aturan dasar bagi pemula yang ingin mengubah pola makan sehat.
Foto: Flickr
Ada beberapa aturan dasar bagi pemula yang ingin mengubah pola makan sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Beberapa penelitian menunjukkan makan sehat dapat mengurangi risiko banyak gangguan gaya hidup termasuk diabetes tipe 2 dan obesitas. Makan sehat dan bersih mengharuskan untuk makan lebih banyak pilihan yang lebih sehat di setiap kelompok makanan.

Dilansir dari timesofindia pada Rabu (15/9), bagi seorang pemula yang ingin menjaga pola makan, ada beberapa aturan dasar untuk diikuti yang bisa membantu. Berikut panduan yang dirangkum.

Baca Juga

1. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Mengonsumsi dua sampai tiga porsi buah dan sayuran segar dianggap sehat dan bergizi. Diperkaya antioksidan, mineral, karbohidrat baik, beberapa protein, serat dan vitamin, membuat jumlah buah dan sayuran sangat ampuh mengurangi risiko kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan mencegah penyakit lain. Pastikan memilih produk organik yang bebas bahan kimia dari produk buah dan sayuran.

2. Kurangi Daging

Mirip dengan pola makan nabati, makan sehat juga harus ditunjang dengan mengurangi konsumsi daging. Langkah ini tidak hanya akan membawa perubahan yang sehat bagi tubuh tetapi juga bumi.

3. Pilih Biji-Bijian Utuh

Penting untuk lebih selektif memilih biji-bijian dan produk dasar yang organik, bersih dan bebas dari segala jenis pengawet. Pastikan membeli dan membaca label produk biji-bijian sangat hati-hati.

Biji-bijian asli akan memiliki label yang sangat pendek dan tidak ada bahan pengawet tambahan. Biji-bijian utuh seperti gandum, quinoa, variasi yang tidak dimurnikan juga telah terbukti membantu pencernaan, kekebalan dan memudahkan orang untuk menurunkan berat badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement