Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Rutin Konsumsi Plum Kering Bantu Lancarkan Pencernaan

Rabu 15 Sep 2021 11:09 WIB

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Nora Azizah

Buah plum kering kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Buah plum kering kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

Foto: PxFuel
Buah plum kering kaya akan serat yang baik untuk pencernaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak banyak yang mengenal buah prune. Padahal, prune atau buah plum kering dikenal dapat melancarkan pencernaan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan prune secara teratur dapat membantu mencegah sembelit.

Sebuah tinjauan sistematis tahun 2014, misalnya, menemukan bahwa mengonsumsi buah prune dapat meningkatkan frekuensi buang air besar. Bahkan, dapat meningkatkan konsistensi tinja sehingga lebih nyaman untuk dikeluarkan.

Dilansir di EatThis, Rabu (15/9) disebutkan, hal ini karena prune adalah sumber serat yang baik, yang dapat membantu buang air besar lebih banyak. Satu porsi 100 gram prune (sekitar 10 buah plum) mengandung sekitar 7 gram serat. Ini merupakan jumlah yang cukup besar untuk kebutuhan serat harian.

Menurut Pedoman Diet USDA terbaru, disarankan agar wanita mengonsumsi antara 22 hingga 28 gram serat setiap hari. Sedangkan pria harus mengonsumsi 28 hingga 34 gram serat setiap hari.

Selain melancarkan pencernaan, manfaat lain buah prune adalah membantu meningkatkan kesehatan tulang. Menurut ahli gizi AS, Christopher Mohr, Ph.D., RD,
meskipun sering dianggap sebagai sumber serat alami, prune memiliki banyak manfaat penting.

Baca juga : 4 Penyebab Orang Sudah Divaksinasi Masih Bisa Kena Covid-19

"Dalam satu percobaan, yang diterbitkan di Osteoporosis International, para peneliti menemukan makan lima hingga enam buah prune setiap hari dapat membantu mencegah keropos tulang," ujar Mohr.

Mohr mengatakan, penelitian ini mungkin sangat penting bagi wanita pascamenopause yang penurunan kadar estrogennya dapat membuat mereka rentan terhadap kepadatan tulang. Mohr mengacu penelitian konsumsi plum pada wanita pascamenopause yang memiliki osteopenia, yakni suatu kondisi yang menggambarkan tulang lemah karena pengeroposan tulang.

Mereka yang mengonsumsi lima hingga enam buah prune setiap hari selama enam bulan mampu mencegah jumlah kehilangan kepadatan mineral tulang. Jumlah ini sama dengan mereka yang diberi resep 10-12 buah prune setiap hari.

"Digabungkan dengan data baru yang menunjukkan jumlah plum yang sama ini dapat membantu meningkatkan faktor risiko penyakit jantung dan peradangan dan Anda tentu memiliki tambahan yang unggul untuk diet dan makanan yang harus menjadi makanan biasa dalam diet," jelas Mohr.

Intinya, plum tidak hanya membantu melancarkan pencernaan tetapi juga membantu menjaga tulang tetap prima seiring bertambahnya usia. Bahkan dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA