Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Faskes Barut Apresiasi Aplikasi P-Care Percepat Vaksinasi

Rabu 15 Sep 2021 10:56 WIB

Red: Gita Amanda

Warga menunjukkan aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi COVID-19, (ilustrasi). Fasilitas kesehatan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi peran BPJS Kesehatan dalam mendukung penanganan Covid-19 oleh pemerintah khususnya berkaitan dengan percepatan proses vaksinasi dengan aplikasi P-Care.

Warga menunjukkan aplikasi Primary Care (P-Care) Vaksinasi COVID-19, (ilustrasi). Fasilitas kesehatan di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi peran BPJS Kesehatan dalam mendukung penanganan Covid-19 oleh pemerintah khususnya berkaitan dengan percepatan proses vaksinasi dengan aplikasi P-Care.

Foto: ANTARA/Aprillio Akbar
Dengan P-Care tak butuh tenaga dan waktu lama bagi nakes melakukan vaksinasi

REPUBLIKA.CO.ID, MUARA TEWEH -- Fasilitas kesehatan di Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalimantan Tengah (Kalteng) mengapresiasi peran BPJS Kesehatan dalam mendukung penanganan Covid-19 oleh pemerintah khususnya berkaitan dengan percepatan proses vaksinasi dengan aplikasi P-Care yang dinilai membuat pelaksanaan vaksinasi menjadi lebih hemat waktu dan tenaga.

"Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BPJS Kesehatan karena telah memfasilitasi aplikasi P-Care vaksinasi. Tidak membutuhkan tenaga dan waktu yang lama bagi tenaga kesehatan dalam pelaksanaan vaksinasi. Terdata kemudian tersekrining dan terlapor dengan baik," kata Kepala Puskesmas Muara Teweh dr. Meliati Saur Sinaga di Muara Teweh, Rabu (15/9).

Baca Juga

Menurutnya, terdata karena langsung terhubung dengan data kependudukan sehingga tidak kesulitan lagi dalam menginput nama dan identitas lainnya, cukup memasukkan NIK sudah muncul data dari calon penerima vaksinasi. "Selain terdata, untuk skrining melalui aplikasi P-Care vaksinasi juga semakin lebih mudah, pertanyaan skriningnya terbuka dan diperluas sehingga tidak mempersulit dalam proses skrining dari calon penerima vaksin," tambahnya.

Kemudian untuk pelaporannya, kata dia aplikasi P-Care vaksinasi sangat membantu dalam pencatatan hasil pelaksanaan vaksinasi. "Melalui aplikasi P-Care vaksinasi sebegitu selesai pelayanan kita bisa langsung tarik data, berapa yang telah kita suntikkan dan berapa sisa stok vaksin sehingga dapat kita sinkronkan satu persatu," ucapnya.

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan vaksinasi oleh Puskesmas Muara Teweh dr. Meliati menyebut setidaknya ada 13 tenaga kesehatan sebagai Tim Vaksinator yang terlibat terdiri dari petugas P-Care vaksinasi, petugas skrining, penyuntik vaksin dan petugas observasi. Sebanding dengan upaya percepatan vaksinasi yang dicanangkan, dia juga mengapresiasi BPJS Kesehatan dalam melakukan perubahan dan pengembangan dari aplikasi P-Care vaksinasi.

"Aplikasi P-Care vaksinasi juga telah menyesuaikan dengan kondisi dilapangan dan pengembangan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan terus mengarah ke lebih baik," ujar dr. Meli.

Sejalan dengan hal tersebut, untuk memastikan aplikasi P-Care vaksinasi dapat berjalan sesuai harapan, pihak BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh melalui Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer Cut Marisa mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi dengan terus berkoordinasi dengan fasilitas kesehatan. "BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh memastikan aplikasi P-Care vaksinasi dapat diakses dengan baik oleh fasilitas kesehatan dengan selalu melakukan updating aplikasi P-Care vaksinasi sesuai waktu yang ditentukan serta koordinasi dan komunikasi yang baik antara Tim Vaksinator dengan pihak BPJS Kesehatan," kata Cut Marisa.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA