Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

21 Bangunan Ilegal di Danau Sunter Ditertibkan

Rabu 15 Sep 2021 10:14 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Suasana permukiman penduduk berlatar belakang hunian bertingkat di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Suasana permukiman penduduk berlatar belakang hunian bertingkat di Danau Sunter, Jakarta Utara.

Foto: Antara/Sigid Kurniawan
21 bangunan permanen dan semi permanen di Danau Sunter diratakan dengan alat berat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Personel gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP DKI) bersama TNI-Polri dan unsur kedinasan terkait lainnya menertibkan 21 bangunan tanpa izin di kawasan Danau Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan penertiban tersebut dilakukan karena puluhan bangunan tersebut melanggar Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

"Yang berdiri di atas pinggiran Danau Sunter ini adalah bangunan-bangunan yang tanpa izin. (Penghuni) bangunan yang tanpa izin ini dalam pelaksanaannya sudah proses sosialisasi, surat peringatan dan lain sebagainya sudah disampaikan. Maka hari ini akan kami lakukan eksekusi penertiban," kata Arifin pada kegiatan penertiban aparat gabungan tersebut.

Penertiban 21 bangunan permanen dan semi permanen di kawasan Danau Sunter itu dilakukan dengan cara diratakan menggunakan ekskavator dan alat berat lainnya.

Setelah dibongkar, kata Arifin, kawasan tepi danau tersebut akan ditata kembali oleh pemerintah sesuai fungsinya, yaitu sarana pengendalian banjir dan ruang terbuka hijau di Jakarta.

Namun sebelum pembongkaran, petugas telah menyiapkan lokasi yang aman untuk relokasi barang-barang berharga milik warga yang berada di dalam bangunan liar.

Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Sunter Jaya juga turut membantu warga merelokasi barang-barang miliknya ke tempat yang aman. Dalam kegiatan tersebut, Arifin didampingi oleh Kepala Satpol PP Jakarta Utara Yusuf Madjid.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA