Selasa 14 Sep 2021 23:07 WIB

Metallica Sempat Malas Kerja Bareng Produser The Black Album

Metallica akhirnya bekerja sama jangka panjang dengan produser The Black Album.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Vokalis Metallica James Hetfield. Memperingati 30 tahun The Black Album, album cover The Metallica Blacklist diluncurkan.
Foto: EPA
Vokalis Metallica James Hetfield. Memperingati 30 tahun The Black Album, album cover The Metallica Blacklist diluncurkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga puluh tahun telah berlalu sejak Metallica meluncurkan album self-titled-nya. Personel band trash metal itu pun terkenang polemik yang muncul akibat campur tangan produser Bob Rock dalam rekaman berjulukan The Black Album tersebut.

Semula, Lars Ulrich sebagai salah satu pendiri Metallica dan kawan-kawan bandnya tidak setuju dengan keterlibatan Rock. Produser, engineer, sekaligus musisi ikonik asal Kanada itu diminta pihak label untuk meninjau penggarapan The Black Album pada 1991.

Baca Juga

Dalam wawancaranya dengan surat kabar The Sun di Inggris, Ulrich yang merupakan drummer menjelaskan bahwa rekan-rekannya malas bekerja sama dengan Rock. Soalnya, band asal Amerika Serikat itu menganut prinsip antikemapanan.

"Begitu kami paham bahwa Bob justru mencoba membantu kami mencapai mimpi, polemik pun berakhir," kata Ulrich, dikutip dari Ace Showbiz, Selasa. 

Menurut Ulrich, Rock menyampaikan masukannya mengenai The Black Album dengan sangat menyentuh. Penjelasan yang menyentuh hati itu membuat vokalis James Hetfield pun lebih berpikiran terbuka.

"Kami akhirnya menjadi teman baik dan terus bekerja bersama selama 15 tahun," kata Ulrich.

Rock kemudian membantu Metallica memproduksi Load (1996), ReLoad (1997), cover LP Garage Inc. (1998), dan St. Anger (2003) Rock juga telah menghasilkan rekaman untuk Motley Crue, Bon Jovi, Aerosmith, dan David Lee Roth.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement