Selasa 14 Sep 2021 23:03 WIB

Pemkot Launching Kartu Depok Sejahtera

Pemkot Depok telah menyalurkan sejumlah bantuan dan hibah di berbagai sektor.

Rep: Rusdy Nurdiansyah / Red: Andi Nur Aminah
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.
Foto: Dok Pemkot Depok
Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan meluncurkan Kartu Depok Sejahtera (KDS). Dijadwalkan, untuk tahap awal kartu pertama yang mengintegrasikan beragam layanan bantuan sosial bagi warga kurang mampu ini akan di-launching pada Rabu (15/9).

"KDS adalah kartu yang disiapkan untuk membantu warga yang kurang mampu secara ekonomi. Khususnya bagi warga miskin yang telah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Depok," ujar Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono di Balai Kota Depok Selasa (14/9).

Baca Juga

Menurut Imam, selama ini Pemkot Depok telah menyalurkan sejumlah bantuan dan hibah di berbagai sektor, seperti sektor pendidikan, kesehatan maupun ekonomi sosial masyarakat. "KDS diharapkan dapat mengintegrasikan bantuan tersebut secara tepat sasaran. Insya Allah kami juga sedang membangun sistem Informasi Teknologi (IT) untuk memudahkan masyarakat mengakses bantuan," jelasnya.

Imam mengatakan, KDS rencananya akan mengintegrasikan tujuh layanan manfaat di antaranya pelayanan kesehatan gratis melalui PBI-APBD Depok, bantuan pendidikan bagi siswa dan mahasiswa berprestasi, renovasi rumah tidak layak huni (RTLH), bantuan santunan kematian (Sankem). Juga ada bantuan ketersediaan pangan bagi lansia dan disabilitas, pelatihan keterampilan, bantuan usaha dan penyaluran kerja.

"Saya berharap melalui KDS, masyarakat dapat benar-benar merasakan kepedulian dan kehadiran Pemkot Depok dalam mengatasi kemiskinan secara berkelanjutan. Insya Allah mohon doa dan dukungan seluruh warga, kami Pemkot Depok akan segera meluncurkan KDS," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement