Tuesday, 23 Syawwal 1443 / 24 May 2022

China dan Singapura Perkuat Investasi dan Ekonomi Digital

Selasa 14 Sep 2021 17:14 WIB

Red: Nur Aini

Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat dan Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan pada Senin (13/9) dalam hari pertama kunjungan kerjanya ke Singapura.

China masih merupakan mitra dagang terbesar Singapura

Meski secara formal kedatangannya ke ASEAN untuk membicarakan hubungan bilateral, kunjungan Wang Yi diyakini bertujuan untuk merespons pernyataan Wakil Presiden AS Kamala Harris saat melakukan tur ASEAN pada beberapa pekan lalu.

Saat berpidato di Singapura, Kamala mengatakan Indo-pasifik menjadi prioritas utama kebijakan luar negeri AS saat ini.

Kamala menyinggung tindakan China yang terus mengintimidasi dan membuat klaim sepihak di sebagian besar Laut China Selatan. Menurut Kamala, klaim China tersebut telah ditolak oleh putusan pengadilan arbitrase pada 2016 serta tindakan Beijing berpotensi mengancam kedaulatan negara lain yang juga mengklaim sebagian perairan tersebut.

Sementara dalam kunjungan Kamala ke Vietnam, Washington menawarkan lebih banyak kunjungan kapal perang AS kepada Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc. Kamala bahkan menekankan kembali bahwa ekspansi Beijing merupakan sesuatu yang berbahaya.

Kawasan Indo-Pasifik merujuk kepada negara-negara yang terletak secara geografis di kawasan Samudera Hindia dan Samudra Pasifik. Kawasan itu merupakan rumah bagi 60 persen populasi dunia dengan total GDP mencapai hampir 52 triliun dolar AS.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA