Thursday, 3 Rabiul Awwal 1444 / 29 September 2022

Ketua Satgas Ingatkan Strategi Utama Lawan Covid-19 Prokes

Selasa 14 Sep 2021 15:50 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

 Salah satu peserta vaksinasi Sinergi Sehat saat melakukan screening kesehatan oleh tenaga medis sebelum mendapatkan dosis vaksin COVID-19, Selasa (14/9).

Salah satu peserta vaksinasi Sinergi Sehat saat melakukan screening kesehatan oleh tenaga medis sebelum mendapatkan dosis vaksin COVID-19, Selasa (14/9).

Foto: satgas Covid-19
Ketua Satgas Ganip Warsito ibaratkan vaksin dan prokes sebagai payung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H. Maruf Amin meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat pagi ini, Selasa (14/9), di The Media Hotel and Towers.

Program vaksinasi ini merupakan kerjasama Iluni UI dengan Kementerian Kesehatan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, dan Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia. 

Dalam peninjauan tersebut, Ma'ruf Amin didampingi oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Kunta Wibawa Dasa Nugraha, Ketua Bidang Koordinasi Relawan sekaligus Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian, dan Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia.

Ma'ruf Amin dalam tinjauannya mengapresiasi program sinergitas vaksinasi tersebut. Menurutnya, hal ini akan semakin meningkatkan cakupan vaksinasi.

"Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi tinggi atas kolaborasi pentahelix yang telah dibangun, terutama dukungan dari para donatur dan sponsor sehingga kegiatan sentra vaksinasi ini dapat terlaksana," ujarnya saat melakukan konferensi pers.

Ia mengatakan vaksinasi berperan penting dalam terwujudnya keberhasilan penanganan pandemi COVID-19. Pemerataan pelaksanaan vaksinasi juga akan dilakukan di daerah-daerah untuk mempercepat tercapainya kekebalan imun pada masyarakat.

"Saya sudah minta kepada Kemenkes dan BNPB untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi di daerah agar bisa mencapai kekebalan imunitas pada masyarakat," tambahnya. Sejalan dengan hal tersebut, Kepala BNPB, Letjen TNI Ganip Warsito mengatakan pemerintah akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi melaui kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Kami akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Sesuai arahan Bapak Presiden, vaksin yang sudah tersedia saat ini langsung kami salurkan ke daerah untuk diberikan kepada masyarakat," kata Ganip.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA