Senin 13 Sep 2021 22:24 WIB

Pemkot Depok Dukung World Cleanup Day 2021

Pemkot Depok mengajak semua pihak berpartisipasi aktif menyukseskan WCD.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Fuji Pratiwi
Aksi bersih-bersih dalam World Cleanup Day (ilustrasi). Pemkot Depok mendukung kegiatan bersih-bersih pada World Cleanup Day.
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Aksi bersih-bersih dalam World Cleanup Day (ilustrasi). Pemkot Depok mendukung kegiatan bersih-bersih pada World Cleanup Day.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, mendukung penuh World Cleanup Day (WCD) atau aksi bersih-bersih se-Dunia yang dilaksanakan mulai 12-24 September 2021. 

"Untuk mendukung aksi tersebut, kami mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi aktif menyukseskan WCD, seperti melaksanakan Kampanye Bersih Sampah," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Senin (13/9).

Baca Juga

Lanjut Idris, pembangunan gerakan masyarakat dalam mewujudkan Kota Depok Bersih. "Bangun gerakan masyarakat dalam mewujudkan Depok Bersih melalui gotong royong bersih lingkungan, bersih kampung, bersih sungai, bersih situ, pelatihan pemilahan sampah, pengomposan dan penerapan daur ulang," kata dia.

Menurut Idris, selain itu, dilakukan juga pembuatan produk kerajinan berbasis pemanfaatan sampah. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang mempertimbangkan faktor ventilasi udara, durasi pertemuan dan jarak interaksi untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 dalam beraktivitas.

"Kegiatan ini mengambil tema Bersatu untuk Indonesia Bersih, yang relevan dengan kondisi wabah pandemi Covid-19," ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan WCD di Indonesia telah sukses dilaksanakan sejak 2018. Momentum WCD ini, sangat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. "Saya apresiasi kegiatan WCD ini," ucap Idirs.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement