Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Tuesday, 13 Rabiul Awwal 1443 / 19 October 2021

Pemkot Depok Dukung World Cleanup Day 2021

Senin 13 Sep 2021 22:24 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Fuji Pratiwi

Aksi bersih-bersih dalam World Cleanup Day (ilustrasi). Pemkot Depok mendukung kegiatan bersih-bersih pada World Cleanup Day.

Aksi bersih-bersih dalam World Cleanup Day (ilustrasi). Pemkot Depok mendukung kegiatan bersih-bersih pada World Cleanup Day.

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Pemkot Depok mengajak semua pihak berpartisipasi aktif menyukseskan WCD.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, mendukung penuh World Cleanup Day (WCD) atau aksi bersih-bersih se-Dunia yang dilaksanakan mulai 12-24 September 2021. 

"Untuk mendukung aksi tersebut, kami mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi aktif menyukseskan WCD, seperti melaksanakan Kampanye Bersih Sampah," ujar Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Senin (13/9).

Lanjut Idris, pembangunan gerakan masyarakat dalam mewujudkan Kota Depok Bersih. "Bangun gerakan masyarakat dalam mewujudkan Depok Bersih melalui gotong royong bersih lingkungan, bersih kampung, bersih sungai, bersih situ, pelatihan pemilahan sampah, pengomposan dan penerapan daur ulang," kata dia.

Menurut Idris, selain itu, dilakukan juga pembuatan produk kerajinan berbasis pemanfaatan sampah. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang mempertimbangkan faktor ventilasi udara, durasi pertemuan dan jarak interaksi untuk meminimalisir risiko penularan Covid-19 dalam beraktivitas.

"Kegiatan ini mengambil tema Bersatu untuk Indonesia Bersih, yang relevan dengan kondisi wabah pandemi Covid-19," ujar dia.

Ia menambahkan, kegiatan WCD di Indonesia telah sukses dilaksanakan sejak 2018. Momentum WCD ini, sangat mendorong peningkatan kepedulian dan perubahan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah. "Saya apresiasi kegiatan WCD ini," ucap Idirs.

 

Baca Juga

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA