Senin 13 Sep 2021 21:41 WIB

Luhut Klaim Penurunan Kasus Covid-19 Capai 93,9 Persen

Luhut Klaim Penurunan Kasus Aktif Covid-19 Capai 93,9 Persen

Rep: Novita Intan/ Red: Muhammad Hafil
Luhut Klaim Penurunan Kasus Covid-19 Capai 93,9 Persen. Foto:   Covid 19 (ilustrasi)
Foto: Max Pixel
Luhut Klaim Penurunan Kasus Covid-19 Capai 93,9 Persen. Foto: Covid 19 (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan penurunan trend kasus aktif covid 19 sudah mencapai 93,9 persen. Khususnya di Jawa dan Bali penurunan kasus sampai 96 persen.

"Penurunan trend secara nasional93,9 persen. Khusus Jawa Bali turun 96 persen dari 15 Juli. Jumlah kasus aktif di bawah 100ribu per hari ini. Kasus baru 2.577 per hari ini tuh ya. Kesembuhan 12 ribu lebih. Jadi ini suatu progress bagus," ujar Luhut dalam konferensi pers, Senin (13/9).

Baca Juga

Luhut menjelaskan penurunan ini kemudian berdampak pada penurunan level beberapa daerah. Bali yang semula berada di level empat turun menjadi level 3. Sedangkan saat ini tinggal 3 wilayah yang masih berada di level 4 seperti Sukoharjo, Tegal dan Kabupaten Semarang.

Naiknya tiga wilayah tersebut ke level empat karena tiga wilayah tersebut malah mengalami kenaikan kasus aktif.

"Perlu kewaspadaan kita semua sekali lagi, karena terdapat peningkatan kasus konfirmasi atau angka kematian dibeberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Semarang," ujar Luhut.

Ia juga menjelaskan bahwa sebuah daerah tidak menutup kemungkinan akan naik level lagi jika tidak memberlakukan protokol kesehatan yang baik.

"Penurunan level PPKM di berbagai kota menyebabkan banyak euphoria dari masyarakat yang tidak disertai dengan implementasi protocol Kesehatan dan penggunaan peduli lindungi. Hal ini cukup berbahaya karena dapat mengundang gelombang berikutnya dari Covid19," ujar Luhut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement