Senin 13 Sep 2021 21:05 WIB

Aksi Protes Meluas Tuntut Presiden Brasil Mundur

Hanya 24 persen orang Brasil yang akan memilih Bolsonaro dalam Pemilu 2022

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
 Presiden Brasil Jair Bolsonaro
Foto: AP/Eraldo Peres
Presiden Brasil Jair Bolsonaro

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Aksi protes meluas di beberapa kota di Brasil pada Ahad (12/9) waktu setempat. Para pengunjuk rasa menuntut pemakzulan Presiden sayap kanan negara itu, Jair Bolsonaro.

Media Brasil, GloboNews melaporkan bahwa di Brasilia, dan 14 ibu kota dari 26 negara bagian seperti Rio de Janeiro, Sao Paulo, Belo Horizonte, Sao Luis, Curitiba dan kota-kota besar lainnya dipenuhi oleh aksi anti-Bolsonaro. Banyak pengunjuk rasa juga berunjuk rasa menentang harga gas, minyak bumi dan produk yang tinggi.

Baca Juga

Seperti dilansir laman Sputnik, Senin (13/9), di ibu kota Brasil, para pengunjuk rasa berbaris melalui Esplanada dos Ministerios di depan pintu kursi Bolsonaro. Mereka meneriakkan "Pemakzulan sekarang." Di Sao Paulo, para demonstran membawa poster bertuliskan "Baik Bolsonaro, maupun Lula."

Reputasi Bolsonaro memang rusak karena keterlibatannya dalam berbagai penyelidikan skandal atas perilakunya dan bentrokan dengan peradilan. Jajak pendapat yang dilakukan pada pertengahan Agustus menunjukkan bahwa hanya 24 persen orang Brasil yang akan memilih Bolsonaro.

Sementara 40 persen mengatakan mereka akan mendukung mantan presiden Lula da Silva. Pemilihan umum di Brasil dijadwalkan pada 2 Oktober 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement