Senin 13 Sep 2021 20:41 WIB

Karakter Bangsa Badui Masa Lalu di Arab Saudi

Orang Badui masa lalu memiliki tabiat yang aneh.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
suku Badui di Arab Saudi tempo dulu.
Foto: istimewa.com
suku Badui di Arab Saudi tempo dulu.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Prof Hamka mengatakan tabiat orang Badui pada masa lalu kejam dan liar. Orang Badui akan menyerang tanpa ampun sasaranya sampai lemah tak berdaya.

"Meski demikian orang Badui sangat menghargai kemuliaan diri dan hormat pada kaum perempuan serta anak-anak," tulis Prof Hamka dalam bukunya Sejarah Umat Islam Pra Kenabian Hingga Islam di Nusantara. 

Baca Juga

Prof Hamka mengatakan, pada zaman pemerintahan Turki dan Syarif Husin orang-orang yang naik haji kerap kali bertemu dengan orang Badui yang tengah merampas. Orang Badui akan merampas barang-barang orang yang bukan dari kelompoknya ketika lewat di wilayahnya.

Prof Hamka menuturkan, ketika melakukan penyerangan mula-mula, dilepaskannya tembakan dari puncak bukit sebagai syarat untuk menyuruh kabilah itu berhenti dan tidak perlu melawan. Kalau terjadi perlawanan, mereka sangat menjaga benar agar anak-anak dan kaum perempuan jangan sampai tertembak.

"Namun, kalau laki-laki mudah saja mereka bunuh," katanya.

Sebaliknya, kalau ada orang yang pergi haji sedang berjalan sendirian di kampung orang Badui yang kemarin atau tadi pagi dirampok, mereka juga yang akan menolong dan menjaga orang itu dengan tulus tanpa pamrih.

Orang Badui akan mengantarkan dari satu perhentian ke perhentian yang lain. Atau orang Badui  akan menerima menjadi tamu di kemahnya sampai tiga hari hingga kelak orang itu dapat tiba pada satu kota dengan selamat.

"Demikianlah kehidupan yang aneh dari bangsa Badui," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement