Friday, 2 Zulhijjah 1443 / 01 July 2022

Inspiration4, Misi Mengelilingi Bumi dalam 3 Hari untuk Amal

Selasa 14 Sep 2021 05:52 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih

Empat orang warga sipil akan meluncur ke luar angkasa dalam misi Inspiration4

Empat orang warga sipil akan meluncur ke luar angkasa dalam misi Inspiration4

Foto: Inspiration4
Misi akan diluncurkan pada Rabu (15/9) dengan pesawat Crew Dragon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat warga sipil akan melakukan perjalanan mengelilingi Bumi. Mereka adalah Jared Isaacman, Hayley Arceneaux, Sian Proctor dan Chris Sembroski. 

 

Baca Juga

Kru yang terdiri dari empat warga negara akan berada di pesawat ruang angkasa Crew Dragon dan melakukan perjalanan tiga hari mengelilingi Bumi yang dijuluki Inspiration4.

Apa itu Misi Inspiration4? Inspiration4 adalah bagian dari upaya untuk mengumpulkan 200 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude.

Jared Isaacman adalah seorang miliarder yang mendirikan Shift Payments dan membeli penerbangan tersebut. Dia bergabung dengan Hayley Arceneaux, asisten dokter di Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude, di mana dia juga pernah menjadi pasien.

Isaacman tidak hanya ingin penerbangan luar angkasa miliarder lainnya, dia ingin misi itu benar-benar berarti, jadi dia memimpin kampanye untuk mengumpulkan uang dan kesadaran untuk penelitian kanker anak.

Isaacman menyumbangkan 100 juta dolar AS langsung ke St. Jude, serta dua kursi lainnya di pesawat ruang angkasa Dragon. Satu pergi ke Arceneaux, yang dipilih rumah sakit sebagai pekerja garis depan.

Kursi lainnya ditunjuk untuk pemenang yang dipilih secara acak dari entri undian yang mengumpulkan 13 juta dolar AS untuk lembaga kanker. Sembroski dipilih setelah seorang temannya (yang secara teknis terpilih memutuskan untuk tidak pergi ke luar angkasa.

Proctor memenangkan kursinya melalui kontes mirip “Shark Tank” yang mendirikan toko online menggunakan platform Shift4 Payment milik Isaacman sebagai cara untuk mengumpulkan uang untuk St.Jude. Setiap kontestan harus membuat toko dan kampanye di Twitter. Semakin banyak interaksi yang diterima video mereka di Twitter, semakin besar kemungkinan mereka mencapai final.

Kru juga akan membawa barang-barang untuk dilelang serta barang-barang pribadi karena Inspiration4 adalah bagian dari upaya penggalangan dana besar-besaran, kru akan membawa barang-barang untuk dilelang, serta barang-barang pribadi.

Beberapa item tersebut termasuk jaket misi yang menampilkan karya seni yang dibuat oleh pasien St. Jude, sebuah Fisher Apollo11 50th Anniversary Space Pen dan Coin Set berisi sepotong bahan dari Apollo 11, ukulele dari Martin Guitar yang akan dimainkan Chris Sembroski di luar angkasa dan lebih banyak lagi, menurut pernyataan misi.

Selain itu, Arceneaux akan memainkan non-fungible token (NFT), dari penampilan band Kings of Leon yang belum pernah dirilis sebelumnya selama penerbangan. NFT yang ada di atas kapal  lainnya akan mereplikasi karya seni yang sebelumnya pergi ke Palung Mariana, menjadikannya karya seni pertama yang mencapai bagian terdalam dari laut dan orbit.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA